Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Irlandia Bakal Ikut Campur dalam Proses Sidang Israel di ICJ

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 28 Maret 2024, 14:17 WIB
Irlandia Bakal Ikut Campur dalam Proses Sidang Israel di ICJ
Perdana Menteri Irlandia Michael Martin/Net
rmol news logo Kasus genosida Israel yang diajukan Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional (ICJ) akan ikut diintervensi oleh Irlandia.

Negara asal benua Eropa itu mengaku akan ikut memastikan bahwa kasus tersebut diusut hingga tuntas, mengingat sudah banyak sekali pelanggaran hak asasi manusia yang dilaporkan.

"Daftarnya terus bertambah. Harus dihentikan. Pandangan komunitas internasional sudah jelas. Cukup sudah," ujar Menteri Luar Negeri Micheal Martin, seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (28/3).

Martin tidak mengatakan bentuk intervensi apa yang akan diambil. Tetapi dia menegaskan bahwa langkah tersebut diputuskan setelah analisis hukum dan kebijakan serta konsultasi dengan beberapa mitra termasuk Afrika Selatan.

Selain itu, intervensi Irlandia sifatnya tidak memihak, tetapi tetap memberikan ruang bagi negara itu untuk memberikan pandangannya terhadap satu atau lebih ketentuan Konvensi Genosida yang dipermasalahkan dalam kasus tersebut.

Serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober lalu menewaskan 1.200 orang dan mengakibatkan lebih dari 250 orang disandera.

Sejak itu, serangan balasan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 32.000 orang.

Irlandia yang sudah lama memperjuangkan hak-hak Palestina, pekan lalu bergabung dengan Spanyol, Malta dan Slovenia dalam mengambil langkah pertama menuju pengakuan kenegaraan yang dideklarasikan oleh Palestina di Tepi Barat.

Israel mengecam tindakan negara-negara tersebut karena akan mempersulit upaya negosiasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA