Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uji Coba Pushpak Berhasil, Tandai Pencapaian ISRO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Rabu, 27 Maret 2024, 03:27 WIB
Uji Coba Pushpak Berhasil, Tandai Pencapaian ISRO
rmol news logo Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) menandai pencapaian yang signifikan dengan keberhasilan pelaksanaan misi pendaratan untuk Kendaraan Peluncuran Dapat Digunakan Kembali (RLV) bernama "Pushpak" dari Aeronautical Test Range (ATR) di Chalakere Karnataka pekan lalu (Jumat, 22/3).

Lepas landas sekitar pukul 7 pagi dari Landasan Pacu Chalakere, misi ini mewakili upaya pendaratan ketiga RLV, setelah misi sukses sebelumnya pada tahun 2016 dan April tahun lalu.

Berbeda dengan metode konvensional, kendaraan peluncuran diangkat ke ketinggian sekitar 4,5 km oleh helikopter Angkatan Udara India sebelum dilepaskan setelah memenuhi parameter yang telah ditentukan.

Menekankan pentingnya misi ini, ISRO menyoroti peran integralnya dalam upaya berkelanjutan untuk mengembangkan teknologi penting untuk kendaraan peluncur yang sepenuhnya dapat digunakan kembali, yang bertujuan untuk memungkinkan akses ke ruang angkasa yang hemat biaya.

Kendaraan bersayap, Pushpak (RLV-TD), melakukan pendaratan otonom dengan presisi di landasan setelah dilepaskan dari posisi off-nominal.

Ketua ISRO S Somanath menggarisbawahi pentingnya kendaraan peluncuran Pushpak, dan menggambarkannya sebagai langkah berani India dalam meningkatkan keterjangkauan akses ruang angkasa.

Somanath menguraikan tentang penggunaan kembali tahap atas, yang menampung perangkat elektronik mahal, yang berpotensi memfasilitasi tugas-tugas seperti mengisi bahan bakar satelit di orbit atau memperbarui satelit, sehingga berkontribusi pada pengurangan sampah ruang angkasa.

Proyek Kendaraan Peluncuran yang Dapat Digunakan Kembali – Demonstrator Teknologi (RLV-TD) merupakan salah satu upaya ISRO yang paling menantang secara teknologi. Tujuan utamanya adalah mengembangkan teknologi penting untuk kendaraan peluncuran yang sepenuhnya dapat digunakan kembali, yang pada akhirnya bertujuan untuk mengurangi biaya misi luar angkasa.

Dengan konfigurasi yang menyerupai pesawat terbang tetapi menggabungkan kompleksitas dari kendaraan peluncuran dan pesawat terbang, RLV-TD berfungsi sebagai tempat uji terbang untuk mengevaluasi berbagai teknologi, termasuk penerbangan hipersonik, pendaratan otonom, dan penerbangan jelajah bertenaga.

ISRO membayangkan peningkatan RLV-TD untuk berfungsi sebagai tahap pertama kendaraan peluncuran orbital dua tahap milik India yang dapat digunakan kembali.

Pada bulan Februari, Somanath memberi pengarahan kepada Perdana Menteri Narendra Modi tentang misi RLV selama kunjungan Modi ke Pusat Luar Angkasa Vikram Sarabhai di Trivandrum. Proyek yang diberi nama berdasarkan pesawat luar angkasa legendaris dalam Ramayana ini diperkirakan menelan biaya melebihi Rs 100 crore atau setara 12 juta dolas AS. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA