Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suami Benazir Bhutto Kembali Terpilih Jadi Presiden Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 10 Maret 2024, 17:02 WIB
Suami Benazir Bhutto Kembali Terpilih Jadi Presiden Pakistan
Asif Ali Zardari/Net
rmol news logo Suami dari mendiangan mantan Perdana Menteri perempuan pertama Pakistan Benazir Bhutto, yakni Asif Ali Zardari, kembali terpilih sebagai presiden untuk kedua kalinya.

Mengutip laporan Komisi Pemilihan Umum Pakistan pada Minggu (10/3), Zardari dari Partai Rakyat Pakistan (PPP) terpilih setelah memperoleh 411 suara.

Sementara lawannya, Mehmood Khan Achakzai, yang didukung oleh partai mantan Perdana Menteri Imran Khan, Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) hanya memperoleh 181 suara.

Menurut laporan Al-Jazeera, Zardari juga didukung oleh partai Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) dalam aliansi yang dibentuk setelah pemilu 8 Februari.

Shehbaz Sharif dari PML-N dilantik sebagai perdana menteri pada Senin (11/2). Sementara Zardari diperkirakan dilantik pada upacara akhir pekan mendatang.

Zardari yang berusia 68 tahun, sebelumnya berhasil memenangkan kursi presiden pada tahun 2008. Dia memenangkan suara hati rakyat menyusul insiden pembunuhan yaang menimpa istrinya Benazir Bhutto.

Pemilu Pakistan 8 Februari lalu dinodai oleh tuduhan kecurangan sebelum pemilu, dengan mantan perdana menteri Imran Khan yang dipenjara dan dilarang mengikuti pemilu. Bahkan partainya PTI juga menjadi sasaran pembatasan pemerintah.

PTI tidak bisa memenangkan lebih banyak kursi dibandingkan partai mana pun, namun mereka jauh dari jumlah mayoritas yang dibutuhkan untuk memerintah, sehingga membuka jalan bagi aliansi antara PML-N dan PPP.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA