Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

10 Tahun Pemerintahan Jokowi, Diplomasi Indonesia Selalu Bawa Prinsip KAA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 08 Januari 2024, 11:24 WIB
10 Tahun Pemerintahan Jokowi, Diplomasi Indonesia Selalu Bawa Prinsip KAA
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memberikan pernyataan pers tahunan (PPTM) di Gedung Merdeka, Bandung pada Senin, 8 Januari 2024/RMOL
rmol news logo Pemerintah Indonesia selalu membawa prinsip, spirit, dan ruh dari Konferensi Asia Afrika (KAA) dalam setiap diplomasi yang dijalankan selama pemerintahan Presiden Joko Widodo hampir sepuluh tahun terakhir.

Begitu yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi ketika memaparkan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2024 di Gedung Merdeka, Bandung pada Senin (8/1).

"Dengan prinsip dan spirit KAA inilah Indonesia mampu berdiri tegak, menjalankan politik luar negeri bebas aktif, berkontribussi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran dunia," ujar Retno.

Retno mengatakan, spirit ini selalu dituangkan oleh Indonesia, termasuk ketika mengambil Keketuaan IORA pada tahun 2017, menjadi anggota Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020, maupun ketika mengambil Presidensi G20 dan Keketuaan ASEAN.

"Dunia mengapresiasi kepemimpinan Indonesia yang selalu menjembatani perbedaan, selalu menghormati prinsip, dan selalu menjadi bagian dari solusi permasalahan dunia," lanjut Retno.

PPTM 2024 digelar dengan mengusung tema "Advancing Free and Active Foreign Policy: A Ten Year Journey". Pemilihan Kota Bandung sebagai tuan rumah PPTM dilakukan untuk menghidupkan kembali semangat KAA pada 1955. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA