Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bangladesh Gelar Pemilu, Sheikh Hasina Berpeluang Menang Telak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 07 Januari 2024, 11:38 WIB
Bangladesh Gelar Pemilu, Sheikh Hasina Berpeluang Menang Telak
Sheikh Hasina/Ist
rmol news logo Pada Minggu (7/11), warga Bangladesh berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum tahun ini.

Mengutip laporan AFP, perdana menteri yang mencalonkan diri kembali dalam pemilihan yakni Sheikh Hasina digadang-gadang akan memenangkan mayoritas suara dan menjadi pemimpin Bangladesh untuk masa jabatan yang ke lima.

Prediksi kemenangan Hasina berkaitan dengan hancurnya partai-partai oposisi kuat akibat penangkapan massal.

Sosok Hasina memang sangat terkenal di Bangladesh. Selama memimpin dia berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi signifikan di negara yang dilanda kemiskinan parah.

Namun dia dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang merajalela dan tindakan keras terhadap lawan politiknya.

AFP menyebut partai Hasina yakni Liga Awami hampir tidak menghadapi saingan yang efektif dalam pemilu. Tetapi mereka enggan mengajukan calon di beberapa kursi, untuk menghindari pelabelan badan legislatif sebagai lembaga satu partai.

Sementara itu, oposisi dari Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) dan partai-partai lain melancarkan protes selama berbulan-bulan pada tahun lalu untuk menuntut Hasina mundur dari pencalonan PM menjelang pemungutan suara.

Menurut media lokal, aksi protes tersebut berakhir rusuh dengan sekitar 25.000 kader oposisi termasuk seluruh pimpinan lokal BNP ditangkap otoritas keamanan Bangladesh.

Protes yang tersebar terus berlanjut pada hari-hari menjelang pemilu, termasuk beberapa ratus pendukung oposisi yang melakukan demonstrasi di pusat kota Dhaka hari Jumat lalu (5/12).

Sementara itu, Hasina menuduh BNP melakukan pembakaran dan sabotase selama kampanye protes tahun lalu. Dia menilai bahwa BNP berusaha mengacaukan pemilu dengan propaganda.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA