Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Mahasiswa Afghanistan, Menlu Tekankan Pentingnya Kerja Sama Selatan-Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 31 Desember 2023, 11:08 WIB
Sambut Mahasiswa Afghanistan, Menlu Tekankan Pentingnya Kerja Sama Selatan-Selatan
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyampaikan sambutan di depan para mahasiswa internasional penerima beasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pada Jumat, (29/12)/Ist
rmol news logo Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk menemui puluhan mahasiswa penerima beasiswa Indonesia.

Mengutip laporan Kementerian Luar Negeri RI pada Minggu (31/12), kunjungan tersebut dilakukan Menlu hari Jumat (29/12).

Di sana, dia bertemu dengan sepuluh mahasiswa Afghanistan dan 33 mahasiswa penerima beasiswa dari berbagai negara berkembang.

Dalam kesempatan itu, Menlu menyampaikan pentingnya kerja sama Selatan-Selatan di tengah tantangan global dewasa kini.

Retno juga berpesan agar sekembalinya para mahasiswa ke negara asalnya masing-masing mereka dapat menjadi agen pendidikan, agen toleransi, agen kolaborasi, dan agen perdamaian.

Lebih lanjut, Menlu menyoroti peran perempuan dalam kemajuan bangsa dan komitmen Indonesia untuk mendorong ketersediaan pendidikan untuk perempuan Afghanistan.

"Indonesia telah berkomitmen untuk mewujudkan prinsip education for all. Komitmen pendidikan ini terefleksikan antara lain melalui tindak lanjut konkret dari International Conference on Afghan Women’s Education (ICAWE)," ungkap Menlu.

Terakhir, Menlu menyampaikan apresiasi kepada pihak yang terlibat dalam pemberian beasiswa yakni Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI), Adaro Energy, Tahir Foundation, Lippo Group, dan KADIN. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA