Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korban Jiwa Serangan Israel ke Gaza Jauh Lebih Besar dari Perang Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 12 Desember 2023, 12:53 WIB
Korban Jiwa Serangan Israel ke Gaza Jauh Lebih Besar dari Perang Ukraina
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sudah lebih dari dua bulan, perang di Jalur Gaza tidak kunjung berakhir. Total korban di pihak Palestina dilaporkan telah mencapai 18.200 orang dengan 49.645 lainnya dalam keadaan luka-luka.

Jumlah itu hampir dua kali lipat dari total korban dalam perang Ukraina-Rusia yang berlangsung selama hampir tiga tahun. Merujuk pada data PBB, disebutkan bahwa korban sipil yang tewas dalam perang Ukraina sebanyak 10 ribu orang, 560 di antaranya adalah anak-anak.

Kondisi di Jalur Gaza semakin memanas setelah pasukan pertahanan Israel (IDF) mengalihkan pusat pertempurannya dari wilayah Utara menuju Selatan.

Pekan lalu, IDF mengaklaim pihaknya telah menguasai jantung kota Khan Younis, Gaza Selatan dan mendorong agar pengungsi Palestina mengevakuasikan diri lebih jauh ke Selatan dekat perbatasan Rafah.

Sebagian besar wilayah Gaza telah menjadi puing-puing akibat serangan tersebut, dan PBB memperkirakan 1,9 juta dari 2,4 juta penduduknya telah mengungsi. Sekitar setengahnya adalah anak-anak.

Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Josep Borrell bahkan menyebut kehancuran yang disebabkan oleh perang Israel-Hamas sudah seperti kiamat, bahkan kekacauannya jauh lebih besar daripada yang dialami Jerman pada Perang Dunia II.

Layanan kesehatan telah hancur, dengan hanya 14 dari 36 rumah sakit di Gaza yang berfungsi sesuai kapasitasnya.

Di tempat lain, ketika persediaan bahan pokok habis dan kondisi sanitasi memburuk, perempuan dan anak perempuan mulai menggunakan potongan kain untuk menampung darah menstruasi mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA