Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ditembak karena Rasisme, Mahasiswa Palestina di AS Lumpuh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 04 Desember 2023, 13:48 WIB
Ditembak karena Rasisme, Mahasiswa Palestina di AS Lumpuh
Hisham Awartani menjalani perawatan setelah tertembak di Vermont, Amerika Serikat 25 November lalu/Net
rmol news logo Salah satu dari tiga mahasiswa keturunan Palestina yang tertembak dalam serangan rasial di Vermont, Amerika Serikat (AS) akhir bulan lalu dilaporkan mengalami kelumpuhan.

Dia adalah Hisham Awartani, mahasiswa 10 tahun yang menimba ilmu di Brown University. Menurut laporan keluarganya pada Minggu (3/12), Awartani mengalami kelumpuhan dari dada ke bawah setelah peluru bersarang di tulang punggungnya.

"Dia (Awartani) telah menunjukkan keberanian, ketangguhan, dan ketabahan yang luar biasa, bahkan masih memiliki selera humor ketika kelumpuhannya mulai terlihat,” kata tulis keluarga Awartani di halaman GoFundMe mereka, yang telah mengumpulkan lebih dari 200 ribu dolar AS.

Mengutip Al Arabiya, Awartani merupakan blasteran keturunan Palestina-Irlandia-Amerika. Dalam akun GoFundMe, keluarga Awartani berharap anaknya dapat kembali berkuliah meskipun mengalami kelumpuhan.

Saat insiden penembakan, Awartani tidak sendiri. Dia bersama dua orang temannya, yakni Tahseen Aliahmad, yang kuliah di Haverford College di Pennsylvania, dan Kinnan Abdalhamid, yang kuliah di Trinity College di Connecticut.

Mereka berjalan bersama di dekat kampus Universitas Vermont di Burlington pada tanggal 25 November, dan tiba-tiba seorang pria bernama Jason Eaton yang berusia 48 tahun menembak mereka dengan pistol.

Tindakan Eaton diduga dilatarbelakangi oleh kebencian rasial. Dia didakwa melakukan percobaan pembunuhan dan ditahan tanpa jaminan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA