Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia-Pakistan Dorong Moderasi Lewat Dialog Lintas Agama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 01 Desember 2023, 15:15 WIB
Indonesia-Pakistan Dorong Moderasi Lewat Dialog Lintas Agama
Peserta dialog lintas agama Indonesia-Pakistan di Jakarta pada Kamis, 30 November 2023/Ist
rmol news logo Untuk mendukung harmonisasi masyarakat multilateral, Indonesia dan Pakistan menggelar dialog lintas agama bertajuk "Enhancing Religious Moderation and Interfaith Dialogue" di Jakarta pada Kamis (30/11).

Acara dihadiri oleh 14 delegasi Pakistan, termasuk ulama dan penstudi Islam. Kegiatan ini melibatkan pihak-pihak seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Santri Diplomacy Academy, dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

Mereka akan berada di Indonesia hingga 4 Desember 2023, melakukan pertemuan dengan Kementerian Agama, Kemenko PMK, organisasi keagamaan, dan lembaga think tank.

Delegasi Dialog Lintas Agama Pakistan yang dipimpin oleh Ketua Rahmatulil Aalamin Authority, Khurshid Ahmad Nadeem mengaku tertarik dengan memahami cara Indonesia mengakomodasi masyarakat multikultural dengan nilai-nilai Islam.

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Siti Nugraha Mauludiah, menyambut baik niat Pakistan untuk mempelajari moderasi beragama dari Indonesia.

“Selain memiliki karakteristik yang kurang lebih sama dalam hal penduduk mayoritas Muslim dan menganut sistem demokrasi, kedua negara juga memiliki catatan hubungan bilateral yang sangat baik selama 73 tahun melakukan hubungan diplomatik," kata Siti.

Kegiatan ini merupakan dialog lintas agama kedua yang dilakukan Indonesia dan Pakistan, setelah sukses menggelar yang pertama kali pada 2012. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA