Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Afrika Selatan Pimpin KTT Darurat BRICS Soal Krisis Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 21 November 2023, 17:49 WIB
Afrika Selatan Pimpin KTT Darurat BRICS Soal Krisis Gaza
Para pemimpin BRICS/Net
rmol news logo Negara-negara BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) menggelar pertemuan puncak darurat untuk membahas situasi di Gaza.

KTT BRICS digelar secara virtual pada Selasa (21/11). Pertemuan ini turut mengundang sejumlah calon anggota BRICS, seperti Arab Saudi, Argentina, Mesir, Ethiopia, Iran, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah dikonfirmasi hadir. Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Guterres juga dilaporkan turut dijadwalkan menghadiri pertemuan tersebut.

Pertemuan ini dipandu oleh Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa. Tujuannya untuk menyusun strategi dan tanggapan bersama terkait konflik Israel-Hamas yang telah berlangsung selama tujuh pekan terakhir.

RFI mencatat, pertemuan ini digelar beberapa hari setelah KTT APEC di Amerika Serikat yang gagal menyepakati tanggapan bersama terkait konflik Israel-Hamas.

Israel mulai menyerang Gaza setelah pejuang Hamas melancarkan Operasi Badai Al Aqsa perbatasan pada 7 Oktober dan membunuh 1.200 warga Israel sambil menyandera lebih dari 200 lainnya.

Di pihak Palestina, Kementerian Kesehatan Gaza telah melaporkan jumlah korban jiwa lebih dari 13.000 orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA