Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Retno: Kurang dari 48 Jam Generator Rumah Sakit di Gaza Bakal Mati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 01 November 2023, 19:14 WIB
Menlu Retno: Kurang dari 48 Jam Generator Rumah Sakit di Gaza Bakal Mati
(kiri ke kanan) Jurubicara Kemlu RI Lalu Muhammad Iqbal, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha dalam Press Briefing di Ruang Palapa Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Rabu, 1 November 2023/RMOL
rmol news logo Ketahanan generator yang digunakan oleh dua rumah sakit di Gaza yakni Rumah Sakit Al Shifa dan Rumah Sakit Indonesia tidak akan lebih dari 48 jam.

Hal itu diungkap oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam Press Briefing di Ruang Palapa Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Rabu (1/11).

Retno mengatakan informasi tersebut didapatkan langsung dari relawan MER-C yang saat ini bertugas di Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza.

"Waktu yang tersisa kurang lebih 48 jam sejak tadi pagi sebelum generator utama mengalami shutdown," kata Menlu Retno.

Menlu Retnomenyoroti pentingnya pasokan bahan bakar menjangkau rumah sakit Gaza. Sebab, operasi dan perawatan pasien terdampak perang di sana tidak bisa dilakukan tanpa daya listrik.

Dikatakan Menlu Retno, selama dirinya menghadiri pertemuan PBB di New York, Indonesia terus mendesak agar pasokan bahan bakar, air bersih serta kebutuhan pokok dapat segera masuk ke Gaza.

"Dengan situasi ini, kita terus intensifkan komunikasi dengan berbagai pihak agar semua bantuan bisa masuk ke Gaza dengan alasan kemanusiaan," tegasnya.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza sebelumnya mengumumkan bahwa kedua rumah sakit itu hanya memiliki sedikit bahan bakar untuk bisa menghidupkan generator.

Sejak Israel memutus jaringan listrik, akses bahan bakar dan air, rumah sakit di Gaza telah bertahan menggunakan generator selama lebih dari tiga pekan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA