Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertunjukan Amal Sufi Sooz-e-Jaras Promosi Bakat dan Lestarikan Budaya Kashmir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 29 Oktober 2023, 14:53 WIB
Pertunjukan Amal Sufi Sooz-e-Jaras Promosi Bakat dan Lestarikan Budaya Kashmir
Pertunjukan Sooz-e-Jaras yang diselenggarakan di Taman Zeberwan Srinagar, pada 25 Oktober 2023/ANI
rmol news logo Dalam upaya mempromosikan bakat bernyanyi di Kashmir, sebuah pertunjukan amal musik sufi yang diberi nama Sooz-e-Jaras telah diselenggarakan di Taman Zeberwan Srinagar.

Acara ini merupakan kolaborasi antara perkumpulan musik dan departemen pariwisata yang juga bertujuan untuk memberikan platform bagi seniman lokal memamerkan kemampuan mereka, serta mengumpulkan dana untuk mendukung perkembangan mereka di masa depan.

"Banyak artis Kashmir yang berafiliasi dengan kami. Kami bekerja sangat keras untuk mengadakan konser yang luar biasa ini. Hari ini adalah kesempatan kami. Pemerintah juga mendukung kami dengan hal ini, seperti Cultural Academy dan pariwisata," kata penyelenggara acara, Gulzar Ahmad Ganie, kepada ANI News, dikutip pada Minggu (29/10).

Ganie lebih lanjut menjelaskan bahwa acara yang diselenggarakan Rabu (25/7) ini juga dijadikan kesempatan sebagai acara amal untuk membantu para seniman yang saat ini sakit-sakitan, dan atau tidak bisa bernyanyi lagi.

"Hari ini, keinginan tersebut menjadi kenyataan, kami menyelenggarakan pertunjukan amal untuk para seniman agar mereka tidak bergantung pada anak-anak mereka atau orang lain; kami banyak membantu mereka. Ini adalah taman wisata; orang-orang datang ke sini untuk mempromosikannya," jelasnya.

Menurutnya, semua artis yang tampil di dalamnya adalah legenda yang sangat besar. Seperti diketahui, musik sufi sendiri sangat populer di Kashmir. Untuk itu, penyelenggara acara itu berkomitmen untuk menjaga budaya dan bakat lokal agar tetap hidup di wilayahnya.

Pertunjukan musik sufi tersebut berhasil memukau penonton dengan penampilan penuh semangat selama pertunjukan itu. Para penyanyi mempersembahkan beragam lagu dan melodi sufi tradisional yang mencerminkan kekayaan budaya wilayah tersebut.

Selain menjadi wadah bagi bakat kreatif, pertunjukan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda akan warisan budaya yang kaya, serta mendukung seniman mereka, yang sering kali menghadapi tantangan finansial dan kurangnya eksposur.

"Program ini diselenggarakan di sini untuk memberikan keberagaman kepada para seniman kami dan untuk mendidik generasi muda, seperti saya, tentang musik Sufi Kashmir dan budaya Kashmir. Ada beberapa seniman yang mata pencahariannya bergantung pada dukungan finansial. Kami harus sangat mendorong konser semacam itu untuk mempromosikan budaya Sufi kita," kata artis Shariq Ahmad.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA