Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jauh dari Ekspektasi, Megaproyek Koridor Ekonomi China-Pakistan Gagal?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 20 Oktober 2023, 17:05 WIB
Jauh dari Ekspektasi, Megaproyek Koridor Ekonomi China-Pakistan Gagal?
Pelabuhan Gwadar, bagian dari proyek Koridor Ekonomi China-Pakistan/Net
rmol news logo Pakistan mengakui kegagalannya untuk megaproyek Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC) yang merupakan bagian dari ambisi Belt and Road Initiative (BRI) Presiden Xi Jinping.

Beberapa hari setelah perayaan ke-10 BRI, Menteri Privatisasi Pakistan sekaligus penanggungjawab CPEC, Fawad Hasan Fawab mengungkap pihaknya hanya mampu menyerap kurang dari seperlima dari potensi CPEC yang diharapkan.

“Kami gagal mewujudkan bahkan seperlima dari potensi yang ditawarkan oleh Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) dan CPEC pada tahun 2013-18 dan tidak ada apa pun setelah tahun 2018,” kata Fawad, seperti dimuat Asian Lite, Jumat (20/10).

Dalam pernyataannya, Fawad menyalahkan korupsi yang dilakukan sejumlah pejabat terhadap proyek senilai 62 miliar dolar AS itu.

Fawad juga menyebut, proyek yang diinisiasi sejak tahun 2013 sejauh ini belum rampung. Bahkan mandek sejak tahun 2018, setelah Imran Khan sebagai perdana menteri ketika itu menunda pertemuan dengan Dana Moneter Internasional (IMF).

“Apa pun yang terjadi di bidang ekonomi Pakistan terjadi karena kami, bukan karena CPEC,” ucap Fawad.

Pernyataan Fawad muncul ketika China merayakan satu dekade BRI dengan menggelar Belt and Road Forum ke-3. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA