Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Tekankan Pentingnya Konektivitas dan Intergrasi Ekonomi di Asia Tengah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 20 Oktober 2023, 13:48 WIB
India Tekankan Pentingnya Konektivitas dan Intergrasi Ekonomi di Asia Tengah
Penasihat Keamanan Nasional (NSA) India, Ajit Doval/Net
rmol news logo Konektivitas dan integrasi ekonomi menjadi prioritas kebijakan luar negeri India di negara-negara Asia Tengah.

Hal itu disampaikan Penasihat Keamanan Nasional (NSA) India Ajit Doval selama pertemuan dengan para penasihat kemanan Asia Tengah di Kazakhstan, seperti dikutip dari ANI News pada Jumat (20/10).

Menurut Doval, konektivitas kawasan menjadi penting untuk memastikan kerjasama ekonomi dapat berjalan lebih erat, transparan dan partisipatif.

"Konektivitas dan integrasi ekonomi dengan negara-negara Asia Tengah merupakan prioritas utama bagi India," tegasnya, kepada para NSA Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Uzbekistan dan Turkmenistan.

Kendati demikian, kata Doval, saat ini tidak ada akses darat langsung yang tersedia antara Asia Tengah dengan India.

Oleh sebab itu, dia menyarankan agar negara-negara tetangga di Asia Tengah memanfaatkan pelabuhan Chabahar serta terminal Shaheed Bahesti yang dioperasikan oleh India.

"Mengundang negara-negara tetangga di Asia Tengah untuk memanfaatkan pelabuhan Chabahar serta terminal Shaheed Bahesti yang dioperasikan oleh perusahaan India untuk perdagangan maritim," kata Doval.

India yang tergabung dalam  Koridor Transportasi Utara-Selatan Internasional (INSTC) berencana memasukkan wacana pemanfaatan pelabuhan Chabahar dalam kerangka organisasi mereka.

Jika Uzbekistan dan Turkmenistan masuk dalam INSTC, maka sudah lima negara Asia Tengah yang siap bekerjasama dan mengunakan pelabuhan Chabahar untuk menyukseskan misi perekonomian mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA