Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Evakuasi WNI di Jalur Gaza, Menlu Retno Minta Bantuan Palang Merah Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 10 Oktober 2023, 15:25 WIB
Evakuasi WNI di Jalur Gaza, Menlu Retno Minta Bantuan Palang Merah Internasional
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Net
rmol news logo Pemerintah, melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, tengah mengupayakan proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Palestina, khususnya di Jalur Gaza.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga sudah melakukan komunikasi langsung dengan Presiden Palang Merah Internasional (ICRC) di Jenewa, Mirjana Spoljaric pada Selasa (10/10) untuk membahas hal tersebut.

"Dalam komunikasi tersebut, Menlu Retno meminta dukungan bagi evakuasi WNI dari Jalur Gaza. Menlu Retno juga mendesak agar ICRC ikut mendorong upaya penghentian kekerasan yang dilanjutkan dengan penerapan koridor kemanusiaan," jelas jurubicara Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangan yang diterima Kantor Berita Politik RMOL.

Di samping itu, Iqbal menuturkan, pemerintah juga sudah melakukan komunikasi dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan Brasil, selaku Presiden Dewan Keamanan PBB, terkait pembentukan koridor kemanusiaan.

Guna mempersiapkan evakuasi WNI, lanjut Iqbal, Kemlu telah menyiagakan KBRI Amman, KBRI Beirut, dan KBRI Kairo untuk memantau perkembangan situasi di wilayah konflik dan memastikan perlindungan bagi WNI yang terdampak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA