Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea Utara Gelar Nobar Perjalanan Kim Jong Un ke Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 27 September 2023, 09:38 WIB
rmol news logo Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea Utara menggelar acara nonton bareng bersama perwakilan Sekretaris Kedutaan Besar Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK), Ri Chong Ryul.

Acara yang diselenggarakan di Kopi Timur, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, pada Selasa (26/9) ini dihadiri oleh Ketua Perhimpunan Teguh Santosa, mantan Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Ristiyanto, Politikus Eko Suryo Santjojo, wartawan senior Arief Gunawan, hingga jurnalis Gema Post dari Bali dan wartawan Kantor Berita Politik RMOL.

Film pendek yang diputar secara khusus memperlihatkan perjalanan Presiden DPRK Kim Jong Un saat pergi selama 9 malam 10 hari ke Rusia, yang diketahui sebagai perjalanan perdananya setelah pandemi Covid-19.

Kunjungan tersebut dilakukan saat Semenanjung Korea memanas, imbas dari latihan militer antara Korea Selatan dengan Amerika Serikat yang memicu ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Menurut Teguh Santosa, film tersebut memperlihatkan kemajuan Korea Utara saat ini, dengan acara nobar yang diharapkan dapat membuka mata audiens untuk lebih memahami Korea Utara.

“Ini yang kita harapkan, kita bisa bersama-sama memahami lebih dalam Korea Utara di tengah kondisi yang bergejolak di Semenanjung Korea,” ujarnya saat menyampaikan pengantar.

Dalam film tersebut, pelepasan Kim Jong Un untuk tugas kenegaraannya melalui armada kereta api disambut dengan semangat dari masyarakat Korut yang mengiringi kepergiannya.

Dari film itu, nampak situasi dan interaksi yang hangat dan ramah antara presiden DPRK dengan rakyatnya yang bersorak gembira melihat perjalanan kembali pemimpin negaranya untuk melakukan kunjungan ke Rusia.

Kim mengunjungi banyak tempat di Rusia, dengan salah satu tujuan pertamanya yaitu ke Badan Antariksa Rusia dan ke tempat koleksi armada tempur canggih yang dikembangkan sendiri oleh Moskow.

Kim melihat dan berkesempatan menaiki salah satu jet tempur canggih generasi kelima negara itu, pesawat Sukhoi Su-57, setelah itu ia melakukan pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menurut Ri Chong Ryul, kunjungan tersebut menghasilkan banyak kerja sama antara Rusia dan Korea Utara, dan komitmen peningkatan antara kedua negara.

“Kerja sama belum diberikan secara rinci. Tapi kedua negara sepakat untuk meningkatkan hubungan antara DPRK dengan Rusia,” jelasnya.

Di akhir acara tersebut, Teguh berkesempatan memberikan buku karyanya, "Buldozer dari Palestina" yang baru-baru ini mendapatkan Rekor MURI atas isinya yang merupakan wawancara dengan duta besar negara-negara sahabat terbanyak di Indonesia.

Teguh menyerahkan buku itu kepada Ri, Eko dan Ristiyanto, dan diakhiri dengan foto bersama. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA