Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Azerbaijan Izinkan Bantuan Rusia Masuk ke Nagorno-Karabakh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 13 September 2023, 21:25 WIB
Azerbaijan Izinkan Bantuan Rusia Masuk ke Nagorno-Karabakh
Peta Azerbaijan dan Armenia/Net
rmol news logo Azerbaijan telah membuka perbatasannya untuk dilewati bantuan kemanusiaan dari Rusia menuju Nagorno-Karabakh yang disengketakan.

Sejak Desember 2022, Nagorno-Karabakh berada di bawah blokade yang diberlakukan Azerbaijan. Langkah ini banyak memicu kekhawatiran terkait adanya bencana kemanusiaan.

Namun menurut laporan Brussel Signal pada Rabu (13/9), sebuah truk yang dikirim dari Palang Merah Rusia telah masuk ke Nagorno-Karabakh melalui jalur Aghdam-Askeran di Azerbaijan.

Kabar pembukaan perbatasan tersebut telah dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri dan Bulan Sabit Merah Azerbaijan, yang menyambut baik pengiriman tersebut.

“Pengiriman itu merupakan langkah positif dan kemajuan penting, meski dilatarbelakangi oleh banyak hambatan dan provokasi yang diciptakan oleh Armenia," bunyi pernyataan dari Kemlu Azerbaijan.

Jalur Aghdam-Askeran merupakan satu-satunya penghubung antara Nagorno-Karabakh, dengan Armenia, karena rute Koridor Lachin telah diblokir sepenuhnya.

Menurut pihak Rusia, pengiriman tersebut merupakan langkah pertama dalam menyelesaikan krisis di wilayah itu, dan pihaknya berharap Koridor Lachin akan dibuka kembali dalam waktu dekat.

Armenia dan Azerbaijan terus berkonflik selama beberapa dekade sejak jatuhnya Uni Soviet. Kedua musuh bebuyutan itu memperebutkan daerah kantong Nagorno-Karabakh, yang terletak di Azerbaijan tetapi dihuni oleh sekitar 120.000 etnis Armenia yang tidak ingin berhubungan dengan Azerbaijan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA