Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rayakan Hari Jadi ke-75, Korea Utara Gelar Parade Militer di Pyongyang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 09 September 2023, 10:38 WIB
rmol news logo Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-75, Korea Utara menggelar parade paramiliter di Pyongyang yang dihadiri langsung pemimpin Kim Jong Un.

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara melaporkan Sabtu (9/9), parade paramiliter berlangsung dengan megah di Lapangan Kim Il Sung pada Jumat malam (8/9).

Acara Jumat malam menandai parade militer ketiga yang diselenggarakan Korea Utara pada tahun ini saja, dengan parade terakhir yang diadakan pada bulan Juli dalam rangka peringatan 70 tahun penandatanganan gencatan senjata Perang Korea tahun 1950-1953.

Parade militer terbaru ini terjadi ketika Korea Utara berupaya memperkuat hubungan dengan China dan Rusia serta menggandakan pengembangan senjatanya seiring dengan penguatan kerja sama keamanan antara Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang.

Kementerian Luar Negeri China sebelumnya mengatakan sebuah delegasi, yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Liu Guozhong, akan mengunjungi Korea Utara mulai Jumat untuk merayakan ulang tahun tersebut.

"Kim menyambut delegasi dari Beijing dan mengadakan pembicaraan dalam suasana bersahabat dimana kedua belah pihak sepakat untuk mengembangkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara kedua negara dan lebih mengintensifkan koordinasi dan kerja sama multi-aspek,” menurut KCNA.

Media Korea Utara mengatakan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Kim pada kesempatan ulang tahun penting tersebut.

Putin mengatakan dia yakin Korea Utara dan Rusia akan memperluas kerja sama bilateral secara strategis di semua bidang untuk berkontribusi pada keselamatan dan stabilitas di Semenanjung Korea dan Asia Timur Laut.

Sementara Xi menegaskan kembali komitmen Partai Komunis China dan pemerintah untuk mengembangkan hubungan persahabatan tradisional antara Pyongyang dan Beijing terlepas dari keadaan politik internasional dan regional.

Pemimpin Korea Utara dilaporkan akan melakukan perjalanan ke Vladivostok, Rusia, untuk bertemu dengan Putin minggu depan dan membahas kemungkinan kesepakatan senjata. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA