Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM China: Xi Jinping akan Tepati Janji untuk Beli Produk Pertanian ASEAN Hingga Rp 2000 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 06 September 2023, 11:34 WIB
PM China: Xi Jinping akan Tepati Janji untuk Beli Produk Pertanian ASEAN Hingga Rp 2000 Triliun
Perdana Menteri China, Li Qiang dalam rapat pleno ASEAN-China Summit di ruang Cenderawasih, Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu, 6 September 2023/Youtube
rmol news logo Dalam rapat pleno ASEAN-China Summit 2023, Perdana Menteri Li Qiang menyoroti janji yang pernah dilontarkan Presiden Xi Jinping dengan negara-negara ASEAN.

Di hadapan para pemimpin ASEAN, PM Li bicara terkait janji Presiden China pada 2021 yang akan membeli produk pertanian dari negara ASEAN dalam jumlah besar.

"Presiden Xi Jinping berjanji bahwa Tiongkok akan membeli produk pertanian senilai hingga 150 miliar dolar (Rp 2.294 triliun) dari ASEAN dalam lima tahun ke depan," ungkap Li, yang berbicara di ruang JCC Senayan, pada Rabu (6/9).

PM Li juga menyampaikan bahwa janji tersebut tengah dipenuhi oleh Presiden Xi, yang sejauh ini telah mengimpor produk agrikultur senilai 55 miliar dolar (Rp 841 triliun), lebih cepat dari yang diperkirakan.

Menurutnya, hal tersebut dicapai berkat kepercayaan yang diterapkan antara kedua belah pihak untuk menciptakan kerja sama yang konkret dan saling menguntungkan.

"Kerja sama China dan ASEAN telah berkembang pesat. Alasan utamanya adalah kami berdua memiliki pemahaman yang mendalam tentang kesulitan, terus berupaya mencapai perdamaian, dan memiliki aspirasi kuat untuk pembangunan dengan mengambil tindakan nyata," tegas Li.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa selama ASEAN dan negaranya terus berada di jalur yang benar, seluruh rintangan akan dapat dihadapi, dan kerja sama akan tetap kokoh antara kedua belah pihak.

Sejak 10 tahun terakhir ini, ASEAN dan China disebut telah berusaha maju bersama-sama dan berkontribusi terhadap keberhasilan masing-masing, dengan menunjukkan sikap yang baik antara masing negara.

"Dalam satu abad ini, kita telah memulai jalan yang benar dengan menunjukkan sikap bertetangga yang baik dan kemajuan serta kesejahteraan bersama," pungkas Li. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA