Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden Kecewa Dengar Kabar Xi Jinping Tidak Hadiri KTT G20 India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 04 September 2023, 15:09 WIB
Joe Biden Kecewa Dengar Kabar Xi Jinping Tidak Hadiri KTT G20 India
Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Ungkapan kekecewaan disampaikan Presiden AS Joe Biden setelah mendengar kabar bahwa Presiden China Xi Jinping kemungkinan tidak akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin G20 di New Delhi.

Ungkapan itu disampaikan langsung oleh Biden kepada wartawan saat berada di Pantai Rehoboth, Delaware, Minggu (3/9).

“Saya kecewa…., tapi saya akan menemuinya,” kata Biden tanpa mengatakan kapan dan dimana akan bertemu Xi, seperti dikutip dari Reuters, Senin (4/9).

Sejumlah media melaporkan pekan lalu bahwa Xi kemungkinan tidak akan menghadiri KTT G20 mendatang di India secara langsung. Delegasi Beijing pada acara tersebut akan dipimpin oleh Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang.

Beijing belum secara resmi mengkonfirmasi rencana perjalanan pemimpin Xi. Kementerian luar negeri India dan China menolak berkomentar ketika ditanya tentang masalah ini.

Pemimpin China hanya melakukan dua perjalanan ke luar negeri sejak pencabutan pembatasan ketat terkait Covid-19 di China pada akhir tahun 2022.

Perjalanan pertama dilakukan Xi untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada Maret, dan ia secara pribadi menghadiri pertemuan puncak BRICS di Afrika Selatan bulan lalu.

Seperti Xi, Presiden Putin juga tidak akan melakukan perjalanan ke KTT G20. Menurut Kremlin, Rusia akan diwakili di New Delhi oleh Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

KTT G20 dijadwalkan berlangsung di New Delhi pada tanggal 9 dan 10 September 2023, dan sebelumnya media Barat memperkirakan pertemuan tersebut akan menjadi panggung pertemuan tatap muka pertama Biden dengan Xi sejak pembicaraan mereka pada KTT G20 di Bali, Indonesia pada bulan November lalu.

Menurut Gedung Putih, Presiden AS diperkirakan akan tiba di India lebih awal, pada 7 September, untuk menghadiri pertemuan bilateral dengan para pemimpin dunia lainnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA