Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Singapura Gelar Pilpres, Tiga Kandidat Bertarung Gantikan Halimah Yacob

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 September 2023, 13:59 WIB
Singapura Gelar Pilpres, Tiga Kandidat Bertarung Gantikan Halimah Yacob
Tempat pemungutan suara di Singapura/Net
rmol news logo Singapura menggelar pemungutan suara untuk pemilihan presiden pada Jumat  (1/9). Lebih dari 2,7 juta warga Singapura diperkirakan akan memberikan suaranya.

TPS di seluruh negeri mulai dibuka pada pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam. Setelah itu perhitungan suara akan dimulai, dengan hasilnya diperkirakan akan keluar pada tengah malam.

Totalnya terdapat 1.264 TPS yang di seluruh negeri. Hingga Jumat siang, The Straits Times melaporkan sekitar 52 persen atau 1,4 juta pemilih sudah memberikan suara mereka.

Presiden merupakan jabatan seremonial di Singapura. Pada Pilpres kali ini, terdapat tiga kandidat yang memperebutkan kursi tersebut.

Mereka adalah mantan menteri Tharman Shanmugaratnam, mantan kepala investasi Government of Singapore Investment Corporation (GIC) Ng Kok Song, dan mantan kepala National Trades Union Congress (NTUC) Tan Kin Lian.

Mereka yang memenangkan mayoritas suara akan menggantikan petahana, Halimah Yacob, yang mengakhiri masa jabatan enam tahun pada 13 September mendatang.

Halimah Yacob merupakan presiden kedelapan sekaligus presiden perempuan pertama di Singapura. Pilpres tahun 2017 merupakan pemilu yang bersifat tertutup, dan hanya anggota komunitas Melayu yang boleh ikut serta. Halimah diangkat menjadi presiden saat itu, karena tidak ada calon lain.

Pemilu kali ini menjadi Pilpres terbuka pertama sejak 2011. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA