Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Semarak Pesta Rakyat 2023 di Wina, Semangat Silaturahmi dan Pererat Hubungan dengan Mitra ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 28 Agustus 2023, 15:42 WIB
rmol news logo KBRI Wina menyelenggarakan “Pesta Rakyat 2023” di gedung dan halaman kantor KBRI sebagai puncak dari kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia.

Pada Sabtu (26/8), sejak pukul 10.30 sampai 17.30, sekitar 1.000 peserta mengalir hadir. Mereka berasal dari kalangan WNI dan Diaspora Indonesia dari kota Wina dan sekitarnya. Bahkan, WNI dan Diaspora dari kota Tirol di ujung barat Austria juga terlihat hadir. Begitu juga dengan ratusan warga Austria dari kalangan Indonesianist, perwakilan parlemen kota Wina, sampai para Duta Besar dan diplomat dari negara ASEAN seperti Laos, Myanmar, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Austria, Slovenia, PBB dan Organisasi Internasional di Wina, Damos Dumoli Agusman, menyampaikan puji syukur atas berkat Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa Indonesia telah mencapai usia ke-78 dan telah melewati berbagai tantangan yang dihadapi termasuk pandemi Covid-19.

“Hari ini WNI dan Diaspora berkumpul untuk tidak saja memperingati HUT ke-78 RI, tetapi juga saling bersilaturahmi satu sama lain. Tahun depan kita akan merayakan pesta demokrasi, mari kita kumandangkan tekad dan semangat kita kepada masyarakat Austria dan dunia bahwa kita akan Terus Melaju untuk Indonesia Maju!” pesan Dubes Damos.

Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia yang turut memeriahkan Pesta Rakyat 2023, menghadirkan  Dwiki Dharmawan dan Ita Purnamasari beserta grup kolaborasi Kolintang Ensembel Ferdinand Soputan sebagai bintang tamu di area Panggung Gembira.  

Ini juga sekaligus mempromosikan alat musik kolintang Minahasa yang kini dalam proses menuju pengakuan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia.

Pertunjukan band dari KBRI Wina juga memeriahkan acara ini bersama dengan pencak silat, serta tarian dan nyanyian dari berbagai daerah di Indonesia.

Pesta Rakyat tahun ini dilengkapi dengan “Food Bazaar” yang menyuguhkan berbagai makanan dan minuman khas daerah di Indonesia. Terdapat pula area “Artisan Corner” untuk menampilkan produk kerajinan dan seni Indonesia seperti baju dan kain Batik, pakaian kebaya, pernak pernik perhiasan, hingga hiasan topeng dan wayang.

Pesta Rakyat semakin lengkap dengan disuguhkannya stan “Bali Massage” dalam rangka mempromosikan destinasi Bali dan juga industri Spa Indonesia.

Pesta Rakyat ini mendapatkan dukungan penuh dari mitra kerja KBRI Wina seperti kelompok WNI Profesional di Organisasi Internasional, WNI di OPEC Fund for International Development (OFID), serta mitra Austria seperti Triple E Austria International, Mercedes Benz Austria, Kaiser Franz Joseph Hotel, Allianz.

Dengan semakin dikenalnya Pesta Rakyat sebagai acara tahunan di kota Wina, dukungan juga hadir dari mitra dari sektor maskapai penerbangan seperti Turkish Airlines dan EVA Air.

“Kesempatan Pesta Rakyat sebagai puncak perayaan HUT ke-78 RI ini digunakan juga untuk mempererat hubungan dengan mitra perwakilan ASEAN dimana pada tahun 2023 ini Indonesia sedang memegang Keketuaan ASEAN," ujar Dubes Damos. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA