Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Utara Izinkan Warganya di Luar Negeri untuk Pulang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 27 Agustus 2023, 07:23 WIB
Korea Utara Izinkan Warganya di Luar Negeri untuk Pulang
Ilustrasi/Net
rmol news logo   Pemerintah Korea Utara mengizinkan warga negaranya yang tinggal di luar negeri untuk kembali ke negara tersebut, setelah menutup diri dengan ketat selama pandemi Covid-19.

Media pemerintah KCNA pada Minggu (27/8) mengumumkan pernyataan dari Markas Besar Pencegahan Epidemi Darurat Negara yang menyatakan bahwa warga negara Korea Utara yang berada di luar negeri kini  telah diizinkan untuk kembali ke tanah air.

“Mereka yang kembali akan ditempatkan di bawah pengawasan medis yang tepat di bangsal karantina selama seminggu,” kata laporan itu.

Langkah ini diputuskan dengan mempertimbangkan situasi pandemi yang semakin mereda. Korea Utara telah mempertahankan penutupan perbatasannya sejak awal tahun 2020 sebagai respons terhadap merebaknya pandemi virus corona.

Namun, tanda-tanda perubahan telah muncul, yang menunjukkan bahwa negara tersebut semakin terbuka terhadap dunia.

Bulan lalu, Korea Utara membuka perbatasannya dengan mengadakan parade militer di Pyongyang, yang dihadiri para pejabat dari China dan Rusia, yang menjadi peserta pertama yang hadir dalam parade tersebut setelah bertahun-tahun tidak ada kunjungan resmi dari pejabat asing.

Dalam perkembangan lain, delegasi atlet Korea Utara baru-baru ini juga diberi izin untuk menghadiri kompetisi taekwondo di Kazakhstan.

Selain itu, maskapai penerbangan nasional Korea Utara, Air Koryo dilaporkan telah melakukan penerbangan komersial internasional pertamanya kembali dalam tiga tahun, dengan melakukan penerbangan ke Bandara Internasional Beijing.

Serangkaian langkah tersebut telah menandai langkah signifikan menuju normalisasi hubungan udara internasional negara tersebut, dan menjadi salah satu contoh nyata bagaimana negara tersebut mulai melonggarkan kembali batasan perjalanannya yang ketat.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA