Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka Pembatasan, Korut Kirim Delegasi Taekwondo ke Kazakhstan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 19 Agustus 2023, 15:39 WIB
Buka Pembatasan, Korut Kirim Delegasi Taekwondo ke Kazakhstan
Delegasi Korea Utara terlihat memadati Bandara Internasional Beijing untuk melakukan penerbangan ke Astana, Kazakhstan/AP
rmol news logo Untuk pertama kalinya sejak Covid-19 melanda dunia, Korea Utara kembali membuka diri dan membuka perbatasannya dengan mengirim delegasi atlet dan pejabat taekwondo untuk mengikuti kompetisi internasional.

Mengutip Associated Press, Sabtu (19/8), sebanyak 80 pria dan wanita dari delegasi tersebut terlihat mengenakan seragam olahraga putih dengan berbendera Korea Utara di bagian depan dan memadati bandara internasional Beijing untuk mengambil penerbangan ke Kazakhstan.

"Delegasi ini kemungkinan akan melanjutkan perjalanan mereka dengan penerbangan menuju Kazakhstan, untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Federasi Taekwondo Internasional di Astana, Kazakhstan, yang dijadwalkan berlangsung hingga tanggal 30 Agustus mendatang," tulis AP dalam laporannya.

Selain langkah ini, pada September 2022, Korea Utara juga membuka kembali layanan kereta barang dengan mitra dagang terbesarnya, China.

Pada Kamis, Badan Intelijen Nasional Korea Selatan telah memberikan informasi kepada anggota parlemen bahwa Korea Utara tengah mempersiapkan pembukaan perbatasan secara bertahap, sebagai bagian dari strategi mereka, karena ekonomi negara itu dikabarkan terus menyusut.

Badan tersebut juga mengungkapkan bahwa ekonomi Korea Utara mengalami kontraksi setiap tahunnya selama periode 2020-2022, dan Produk Domestik Bruto (PDB) Korut mengalami penurunan sebesar 12 persen pada 2022, lebih rendah dibandingkan dengan 2016.

Meskipun begitu, pembukaan kembali perbatasan untuk perjalanan internasional kali ini telah mengindikasikan upaya yang lebih signifikan dari Korea Utara untuk membuka diri kepada masyarakat internasional, setelah sebelumnya negara itu terkenal dengan pembatasannya yang ketat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA