Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KBRI Wina Rayakan HUT Ke-78 RI dan Resmikan Perampungan Konstruksi Ruang Loket Pelayanan Kekonsuleran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 18 Agustus 2023, 00:33 WIB
rmol news logo Perwakilan tiga generasi WNI serta Diaspora Indonesia di Austria berkumpul merayakan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia di KBRI/PTRI Wina.

Sekitar 150 peserta yang terdiri dari staf KBRI/PTRI Wina dan keluarga, perwakilan-perwakilan mahasiswa, kelompok agama Islam, Kristen dan Hindu di Austria, profesional di organisasi internasional, serta para sesepuh WNI dan Diaspora di Austria menjadikan perayaan ini sebagai kegiatan upacara lintas generasi pertama setelah pencabutan penuh restriksi Covid-19 pada pertengahan tahun 2023.

Upacara Bendera dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Austria, Slovenia, PBB dan Organisasi Internasional berkedudukan di Wina, Damos Dumoli Agusman. Sementara para petugas upacara dan Paskibra terdiri dari unsur KBRI/PTRI Wina, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Austria, serta Warga Pengajian di Austria (Wapena).

“Puji Tuhan, kita hari ini dapat merayakan HUT ke-78 RI dengan antusiasme peserta tercermin dari kekhidmatan dan kemeriahan acara hari ini yang selain merupakan perayaan hari kemerdekaan Indonesia juga menjadi ajang silaturahmi lintas generasi di era normal pasca pandemi Covid-19. Bersama kita terus melaju untuk Indonesia maju!” ujar Dubes Damos, dalam rilis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL.

Sugeng Haryanto yang bertugas membacakan naskah Do’a HUT ke-78 RI dan mewakili para senior dan sesepuh WNI dan Diaspora Indonesia di Wina, menyampaikan keharuannya saat diminta menjadi bagian dari petugas upacara.

“Saya terakhir menjadi petugas upacara 17 Agustus, yaitu sebagai pengibar bendera di Kantor Pusat Pertamina di tahun 1998. Rasa patriotisme ketika itu kuat sekali dan merasa bangga. Jadi ketika diminta menjadi petugas pembaca Doa HUT ke-78 RI saya merasa termotivasi untuk ikut berpartisipasi,” ujarnya. Saat ini ia adalah Ketua Dewan Penasehat Warga Pengajian Austria (Wapena), organisasi kemasyarakatan muslim Indonesia di Austria.

Rangkaian kegiatan HUT ke-78 RI telah dimulai pada tanggal 26 Juli hingga 11 Agustus 2023 dengan pertandingan Catur Online melalui platform Chess.com, dilanjutkan dengan pertandingan sepak bola lapangan pada tanggal 6 Agustus 2023, e-Sport FIFA 2023 di PlayStation 4 dan Semi-Final Catur Online secara luring pada tanggal 12 Agustus 2023, serta pertandingan Bulutangkis dan Tenis Meja ganda putra dan putri pada tanggal 13 Agustus 2023.

Puncak rangkaian adalah pada acara “Pesta Rakyat” yang akan digelar pada tanggal 26 Agustus 2023 di KBRI/PTRI Wina dengan mengundang segenap WNI dan Diaspora Indonesia, mitra KBRI/PTRI Wina, dan kalangan diplomatik terbatas, serta para Friends of Indonesia di Austria dan Slovenia.

Pada tanggal yang sakral ini, KBRI/PTRI Wina juga menggunakan kesempatan untuk meresmikan perampungan konstruksi Ruang Loket Pelayanan Kekonsuleran yang baru.

Seiring dengan peningkatan jumlah WNI dan Diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia dalam satu dasawarsa terakhir, terdapat kepentingan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kekonsuleran dan menyelaraskan standar pelayanan publik kekonsuleran yang telah ditetapkan oleh Kementerian Luar Negeri RI untuk seluruh Perwakilan RI di luar negeri.

Hadir dalam peresmian ini adalah sesepuh mantan Pegawai Setempat KBRI/PTRI Wina, Poernomo Roesad dan Paula Kallinger, yang sudah lama pensiun untuk menyaksikan momen penting tersebut.

“Dengan peresmian Ruang Loket Pelayanan Kekonsuleran yang baru dirampungkan ini, KBRI/PTRI Wina senantiasa terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada warga negara Indonesia di wilayah akreditasinya agar sesuai dengan standar ISO yang telah ditetapkan Pusat. Pengguna jasa kekonsuleran KBRI/PTRI Wina kini dapat datang ke ruang khusus ini dan mendapatkan layanan yang diperlukan dengan nyaman dan mudah,” pesan Dubes RI dalam sambutan singkat sebelum pemotongan pita peresmian perampungan konstruksi Ruang Loket Pelayanan Kekonsuleran KBRI/PTRI Wina yang baru.

Pada acara ramah tamah seusai upacara dan peresmian fasilitas baru tersebut, telah dilakukan juga acara pemotongan tumpeng merah putih. Dubes Damos memberikan potongan pertama kepada WNI tertua di Austria yang hadir, yaitu Bapak Petrus Canisius Prijapratama yang telah berusia 89 tahun dan merupakan pensiunan OPEC Fund for International Development (OFID).

Walau sudah menetap di Austria, Petrus tetap merasa perlu untuk mengobarkan kembali rasa patriotisme melalui keikutsertaan pada upacara bendera HUT ke-78 RI tahun ini.

Menggunakan kesempatan berkumpulnya tersebut, acara ramah tamah juga dilengkapi dengan “jamming session” oleh Band Keroncong Zugabe KBRI/PTRI Wina yang memainkan lagu-lagu perjuangan dan lagu kenangan dengan partisipasi penyanyi dari kelompok senior dan sesepuh WNI dan Diaspora Indonesia di Austria. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA