Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Prancis Hingga Menlu AS Beri Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan untuk India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 15 Agustus 2023, 15:58 WIB
Presiden Prancis Hingga Menlu AS Beri Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan untuk India
Presiden Prancis Emmanuel Macron berswafoto dengan Perdana Menteri India Narendra Modi/Twitter @EmmanuelMacron
rmol news logo Dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan India yang ke-77, para pemimpin dari negara-negara besar memberikan ucapan selamat dan dukungan kepada pemerintah India pada Selasa (15/8).

Dalam platform media sosial X, Presiden Prancis Emmanuel Macron menjadi salah satu presiden yang memberikan ucapannya kepada India yang dianggap sebagai teman baik bagi Prancis.

"Selamat kepada rakyat India di Hari Kemerdekaan Anda! Sebulan yang lalu di Paris, saya dan teman saya (Perdana Menteri Narendra Modi) telah menetapkan ambisi Indo-Prancis baru hingga 2047, tahun keseratus Kemerdekaan India. India dapat mengandalkan Prancis sebagai teman dan pasangan terpercaya, selalu," ujar Macron, seperti dimuat ANI News.

Dalam unggahan tersebut, Macron juga membagikan ulang video lamanya saat PM Modi berkunjung ke Prancis di bulan Juli, dalam kunjungan yang dilakukan untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

Selain ucapan selamat dari Prancis, negara-negara lain seperti Sri Lanka dan Amerika Serikat juga turut memberikan harapan dan dukungannya pada Hari Kemerdekaan India.

Menteri Luar Negeri Sri Lanka, Ali Sabry, menyatakan keyakinannya bahwa hubungan bilateral antara Sri Lanka dan India akan semakin diperkuat di masa mendatang.

"Salam hangat, Menteri Luar Negeri @DrSJaishankar dan Pemerintah dan rakyat India, pada kesempatan Hari Kemerdekaan Anda. Saya yakin bahwa di tahun-tahun mendatang hubungan bilateral kita akan semakin diperkuat antara kedua negara kita India dan Sri Lanka," kata Sabry melalui akun media sosial.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, juga ikut mengirimkan harapan hangat pada Hari Kemerdekaan India ke-77. Dalam pernyataannya, ia menyoroti pertumbuhan yang lebih dalam dan luas dari hubungan antara New Delhi dan Washington.

"Atas nama Amerika Serikat, kami mengirimkan harapan terhangat kami kepada rakyat India saat mereka memperingati kemerdekaan pada 15 Agustus ini. Pada hari yang penting ini, kami merenungkan kedalaman dan luasnya kemitraan strategis kami, dan kami rayakan sejarah kebanggaan rakyat India, yang merupakan kunci masa depan cerah yang kita bangun bersama," kata Blinken dalam pernyataannya.

Perayaan Hari Kemerdekaan India tahun ini tidak hanya menyoroti prestasi sejarah negara itu, melainkan juga menjadi panggung bagi negara-negara besar untuk menegaskan kembali komitmen mereka dalam memperkuat hubungan diplomatik dan kerja sama dengan India. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA