Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serangan Ukraina ke Rusia Gagal Gara-gara Lambatnya Bantuan Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 15 Agustus 2023, 06:55 WIB
Serangan Ukraina ke Rusia Gagal Gara-gara Lambatnya Bantuan Barat
Mantan penasihat keamanan nasional AS John Bolton/Net
rmol news logo Barat menjadi salah satu faktor gagalnya serangan Ukraina ke Rusia. Begitu menurut mantan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton.

Dalam op-ed untuk Wall Street Journal yang diterbitkan pada Minggu (13/8), Bolton menyesalkan lambannya bantuan militer dari negara-negara Barat sehingga membawa hasil yang mengecewakan.

"Ketidakmampuan Kyiv untuk mencapai kemajuan besar adalah hasil alami keragu-raguan AS," kata Bolton, mendesak Presiden AS Joe Biden untuk mulai bekerja keras menuju kemenangan Ukraina.

“Kegagalan ofensif Ukraina dan keberhasilan pertahanan Rusia memiliki penyebab yang sama: pasokan bantuan militer yang lambat, goyah, dan non-strategis oleh Barat,” klaim Bolton.

"Dukungan pimpinan AS untuk Kyiv semakin terhambat oleh spekulasi bahwa Moskow dapat meningkatkan konflik," katanya.

Bolton, yang bertugas di pemerintahan Trump hingga 2019, berusaha menghilangkan kekhawatiran tersebut, dengan menegaskan bahwa tidak ada bukti Rusia memiliki kemampuan militer konvensional untuk mengancam NATO atau keinginan untuk melancarkan serangan nuklir.

Rusia telah berulang kali menyatakan bahwa mereka menganut kebijakan bahwa perang nuklir tidak boleh dilakukan, dan bahwa Moskow mungkin menggunakan persenjataan atomnya hanya jika keberadaan negara itu sendiri terancam.

Mantan penasihat keamanan nasional itu juga menolak perlunya pembicaraan antara Kyiv dan Moskow, dengan alasan bahwa ini hanya akan menguntungkan Rusia. Sebaliknya, dia menyarankan agar Barat dan Washington secara radikal memperketat sanksi mereka.

Selain itu, dia meminta Washington untuk memberlakukan pembatasan langsung pada China, mengutip "dukungan besar" untuk Moskow. Sementara Beijing tetap menjadi mitra dagang utama Rusia, telah berulang kali membantah bahwa pihaknya memberikan dukungan militer kepada Moskow.

Pasukan Ukraina memulai serangan besar-besaran terhadap Rusia lebih dari dua bulan lalu, setelah diperkuat oleh ratusan tank dan kendaraan lapis baja yang dipasok Barat. Namun, menurut Kementerian Pertahanan Rusia, Kyiv sejauh ini gagal mendapatkan landasan yang signifikan dan telah kehilangan lebih dari 43.000 tentara sejak dimulainya dorongan.

Pandangan Bolton tentang alasan kesulitan Ukraina diamini oleh sejumlah pejabat Ukraina, termasuk Presiden Volodymyr Zelensky, yang menyatakan bahwa tanpa senjata jarak jauh, sulit bagi Kyiv melakukan ofensif atau  mempertahankan garis depan. .

Moskow telah berulang kali memperingatkan negara-negara Barat agar tidak mengirim bantuan militer ke Kyiv, dengan alasan bahwa dengan melakukan itu, mereka terlibat dalam "perang proksi" melawan Rusia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA