Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teroris Daesh Mengaku sebagai Pelaku Pembunuhan 26 Tentara di Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 12 Agustus 2023, 09:19 WIB
Teroris Daesh Mengaku sebagai Pelaku Pembunuhan 26 Tentara di Suriah
Tentara polisi militer Rusia berjalan di luar rumah sakit di Deir el-Zour, Suriah, 15 September 2017/Net
rmol news logo Kelompok teroris Daesh pada Jumat (11/8) mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan 26 tentara Suriah di Provinsi Deir el-Zour timur dalam serangan yang dilakukan pada Kamis.

Dalam pernyataannya yang dimuat kantor berita teroris Amaq, Daesh mengatakan telah melakukan penyergapan pada dua bus militer, menargetkan mereka dengan senjata berat dan granat berpeluncur roket juga membakar satu orang korban.

Pengakuan tersebut sejalan dengan pengumuman dari Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia pada Kamis.

"Para anggota ISIS menargetkan sebuah bus militer di Provinsi Deir el-Zour pada Kamis," kata kelompok tersebut, seperti dikutip dari Daily Sabah.

"Jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 26 tentara," katanya, menyebutnya sebagai serangan paling mematikan oleh ekstremis terhadap pasukan pemerintah tahun ini.

Para teroris mengepung bus di gurun dekat Mayadeen di provinsi Deir el-Zour dan melepaskan tembakan, menurut observatorium itu.

Kelompok yang berbasis di Inggris itu mengatakan, selain korban tewas, sebelas tentara lainnya terluka, dengan beberapa dalam kondisi kritis.

Rami Abdel Rahman dari pemantau perang mengatakan Daesh baru-baru ini meningkatkan serangan militernya yang mematikan dengan tujuan menyebabkan kematian sebanyak mungkin.

"Dengan melakukan itu, para teroris berusaha menunjukkan bahwa Daesh masih aktif dan kuat meskipun para pemimpinnya menjadi sasaran," katanya kepada Agence France-Presse (AFP).

Pekan lalu, Daesh mengumumkan kematian pemimpinnya Abu al-Hussein al-Husseini al-Qurashi, yang katanya tewas dalam bentrokan di barat laut Suriah.

Seorang juru bicara kelompok tersebut mengumumkan pemimpin baru, yang dikenal sebagai Abu Hafs al-Hashimi al-Qurashi, dalam pesan yang direkam di salurannya di aplikasi perpesanan Telegram.

Dalam beberapa pekan terakhir, teroris Daesh telah meningkatkan serangan mereka di utara dan timur laut. Serangan Kamis adalah yang ketiga dilakukan oleh teroris bulan ini saja.

Sekitar 10 tentara Suriah dan pejuang pro-pemerintah tewas dalam serangan ISIS di bekas kubu teroris di provinsi Raqqa pada awal pekan ini. Sementara pekan lalu, tujuh orang termasuk dua warga sipil tewas saat teroris menyerang konvoi kapal tanker minyak yang dijaga oleh pasukan rezim di gurun Suriah.

Dan bulan lalu, kelompok teroris tersebut mengaku bertanggung jawab atas pemboman langka di Damaskus yang menewaskan sedikitnya enam orang di dekat makam ibu kota Sayyida Zeinab, situs ziarah Syiah yang paling banyak dikunjungi di Suriah.

Daesh telah memiliki lima pemimpin sejak kehilangan sisa-sisa terakhir sebagian besar wilayah Suriah dan Irak yang berdekatan pada tahun 2014.

Empat dari mereka tewas, termasuk pemimpin pertama kelompok tersebut, Abu Bakr al-Baghdadi, yang tewas dalam serangan AS pada Oktober 2019.

Perang saudara pertama kali pecah di Suriah setelah rezim Presiden Bashar Assad menumpas protes damai pada 2011. Sejak saat itu, perang itu menarik kekuatan asing dan teroris.

Konflik tersebut telah menewaskan lebih dari setengah juta orang dan mendorong separuh populasi sebelum perang di negara itu meninggalkan rumah mereka, dengan banyak yang mencari perlindungan di negara tetangga. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA