Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

58 Tahun Merdeka, Dubes Singapura Sorot Kemitraan Erat dengan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 08 Agustus 2023, 12:56 WIB
rmol news logo Hubungan persahabatan antara Indonesia dan Singapura terjalin begitu erat dan langgeng di atas dasar rasa saling percaya dan menghormati. Oleh sebab itu, keduanya mampu menikmati kerja sama substantif yang menguntungkan dan kuat, baik di masa lalu, sekarang, maupun di masa depan.

Begitu yang disampaikan oleh Duta Besar Singapura untuk RI, Kwok Fook Seng selama perayaan Hari Nasional ke-58 Singapura di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Senin (7/8).

Dubes Kwok menyoroti berbagai perkembangan kerja sama bilateral yang telah Indonesia dan Singapura bangun dengan baik selama beberapa tahun terakhir.

Di bidang ekonomi, ia mencatat investasi Singapura di Indonesia dalam satu kuartal pertama sudah mencapai 4 miliar dolar AS atau Rp 65 triliun.

"Jumlah itu menjadi bukti bahwa Singapura percaya dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Hubungan kerja sama pariwisata kedua negara, disebut Dubes Kwok terus berkembang sejak pandemi Covid-19 resmi berakhir.

"Awal tahun ini, Indonesia menjadi sumber pengunjung terbesar Singapura. Sementara kedatangan turis Singapura ke Indonesia menjadi yang terbesar ke-2," ungkapnya.

Menurut Dubes Kwok, kemajuan pariwisata telah didukung oleh konektivitas penerbangan kedua negara yang telah pulih 80 persen sejak pandemi.

Dia juga mengapresiasi kunjungan Presiden Joko Widodo ke Singapura sebanyak dua kali. Kunjungan itu, disebut telah menghasilkan sejumlah perjanjian di antaranya kerja sama keuangan, teknologi, energi terbarukan serta pembiayaan inovatif untuk infrastruktur berkelanjutan.

"Kami senang melihat kerjasama yang kuat dalam pertumbuhan berkelanjutan di Asia Tenggara," tegasnya.

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Singapura yang 58 tahun, Kedutaan Besarnya di Jakarta menggelar perayaan "Singapore National Day". Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim hadir secara langsung dalam acara tersebut dan mendapat kesempatan untuk menyampaikan sambutan.

Acara meriah itu dihadiri oleh ratusan tamu undangan yang terdiri dari para duta besar dari negara sahabat di Indonesia, pejabat pemerintah RI, akademisi hingga para pegiat organisasi kemasyarakatan.

Di sana, para tamu dibuat terpukau dengan beraneka jenis makanan khas Singapura dan produk makanan siap saji yang berjejer di sepanjang pintu luar lobi dan disamping panggung utama. Salah satunya adalah laksa Singapura yang terkenal dengan kelezatannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA