Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Rencana Perluasan NATO, China Sarankan Jepang Belajar Sejarah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 04 Agustus 2023, 17:21 WIB
Soal Rencana Perluasan NATO, China Sarankan Jepang Belajar Sejarah
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (kanan) menyambut PM Jepang Fumio Kishida selama KTT NATO di Vilnius, Lituania pada 12 Juli 2023/Net
rmol news logo Rencana Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO untuk mendirikan kantor penghubung di Tokyo pada 2024 kembali mendapat kritikan dari China.

Berbicara selama wawancara eksklusif dengan TASS Kamis (3/8), Duta Besar China untuk Rusia Zhang Hanhui memperingatkan agar Jepang dan negara-negara lain harus belajar beberapa pelajaran sejarah dan tidak menjadi pendukung ekspansi NATO ke kawasan Asia.

“Kami menyarankan Jepang dan anggota istana lainnya untuk mempelajari pelajaran sejarah secara penuh: Mereka tidak boleh, tanpa mempertimbangkan sikap negara lain, secara sepihak merusak perdamaian dan stabilitas di kawasan, mereka tidak boleh menjadi pendukung ekspansi NATO ke wilayah Timur," kata Hanhui.

"Seperti yang mereka katakan: Biarkan serigala masuk ke kandang domba, dia akan menggigit setiap domba," ujarnya.

Sementara Tokyo mengindikasikan sedang mempertimbangkan gagasan memperluas jangkauan NATO, Prancis dilaporkan telah membatalkan proyek tersebut di sekitar kunjungan Presiden Macron baru-baru ini ke China, bersikeras bahwa aliansi tersebut harus tetap terbatas di Atlantik Utara saja.

Beijing sendiri sudah berjanji untuk menunjukkan tanggapan tegas jika blok pimpinan AS mencoba dan bergerak lebih dekat ke perbatasannya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA