Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aksi Kekerasan Meningkat, Presiden Ekuador Tetapkan Kondisi Darurat dan Jam Malam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 25 Juli 2023, 15:51 WIB
Aksi Kekerasan Meningkat, Presiden Ekuador Tetapkan Kondisi Darurat dan Jam Malam
Presiden Ekuador, Guillermo Lasso/Net
rmol news logo Di tengah gelombang kekerasan yang terjadi selama akhir pekan, Presiden Ekuador, Guillermo Lasso, mengumumkan keadaan darurat dan jam malam di tiga kota terdampak.

Mengutip The Star pada Selasa (25/7), provinsi yang dimaksud adalah Manabi, Los Rios, dan Duran.

Presiden Lasso mengaku terpaksa menyatakan keadaan darurat di Ekuador karena negara itu nyatanya memang tengah menghadapi gelombang kekerasan di seluruh negeri dan kerusuhan penjara.

"Kami tidak dapat menyangkal bahwa kejahatan terorganisir telah merasuki negara, organisasi politik, dan masyarakat itu sendiri," ujarnya setelah rapat kabinet keamanan.

Dia mengatakan, kondisi darurat akan berlangsung selama 60 hari di tiga provinsi tersebut. Sementara jam malam akan dilakukan secara bergantian.

Keputusan itu diambil setelah Walikota Manta, Agustin Intriago, ditemukan tewas tertembak saat melakukan inspeksi proyek pada Minggu (23/7).

Di waktu yang sama, kerusuhan yang terjadi di penjara Penitenciaria del Litoral, di Guayaquil kembali meletus dan melibatkan bentrokan antar geng.

Menurut otoritas penjara SNAI, kerusuhan di penjara menyebabkan sedikitnya enam narapidana tewas dan 11 luka-luka. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA