Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temukan Bom Sisa Perang Dunia II, Nauru Deklarasikan Keadaan Darurat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 20 Juli 2023, 16:43 WIB
Temukan Bom Sisa Perang Dunia II, Nauru Deklarasikan Keadaan Darurat
Nauru/Net
rmol news logo Penemuan bom era Perang Dunia II di negara Pasifik Nauru telah mengancam keselamatan warga setempat.

Penjabat Presiden Martin Hunt pada Kamis (20/7), mengumumkan keadaan darurat untuk seluruh wilayah. Sekolah ditutup dan warga diminta untuk tidak bekerja di luar rumah.

"Kemungkinannya kecil jika ledakan terjadi. Tetapi jika bom meledak, maka air, listrik, dan perumahan di wilayah sekitar dapat hancur," jelasnya, seperti dimuat The Jerusalem Post.

Di hari yang sama, bom seberat 227 kilogram itu tengah berusaha dijinakkan oleh tentara Australia dengan melucuti sekringnya.

Angkatan Pertahanan Australia, Jordan Bell menyebut bom yang ditemukan sangat berbahaya dan dapat mengancam keselamatan warga Nauru.

"Bom itu sangat berbahaya sehingga perhatian utama kami adalah keselamatan rakyat Nauru serta infrastruktur vital yang memasok air dan listrik di sekitar," ujarnya.

Bell meminta warga menutup jendela dengan selimut untuk mengantisipasi kerusakan rumah jika terjadi ledakan selama proses penjinakan.

Nauru merupakan negara terkecil di dunia yang berjarak 4.500 kilometer dari Australia. Negara itu dahulunya adalah tempat pertempuran antara Amerika Serikat dan Jepang selama Perang Dunia II.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA