Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puluhan Kucing di Polandia Mati Terinfeksi Flu Burung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 17 Juli 2023, 22:12 WIB
Puluhan Kucing di Polandia Mati Terinfeksi Flu Burung
Ilustrasi/Net
rmol news logo Puluhan kucing di Polandia dilaporkan mati setelah terinfeksi flu burung. Fenomena kematian tidak biasa ini disorot oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam laporannya pada Senin (17/7), WHO menyebut pihaknya telah diberi tahu oleh otoritas Polandia pada 27 Juni bahwa puluhan kucing di seluruh negeri mengalami kematian yang janggal.

WHO kemudian melakukan penyelidikan pada 11 Juli. Hasilnya mengungkap 29 dari 47 sampel menunjukkan mayat kucing positif flu burung.

Dikutip Global News, 18 kucing merupakan peliharaan dengan akses ke luar rumah, lima kucing hewan peliharaan tanpa akses ke luar rumah, sementara dua kucing bukan hewan peliharaan.

Kematian terakhir pada kucing ini dilaporkan pada 30 Juli. Pemeriksaan post-mortem pada sejumlah kecil kucing menunjukkan adanya pneumonia. Beberapa kucing mengalami gejala yang parah termasuk kesulitan bernapas, diare berdarah, dan tanda-tanda neurologis.

Sejauh ini WHO belum mengetahui sumber flu burung dari kematian kucing di Polandia. Namun ada beberapa kemungkinan sumber penularannya, termasuk kucing melakukan kontak langsung atau tidak langsung dengan unggas terinfeksi, memakan unggas terinfeksi, atau memakan makanan terkontaminasi.

WHO mencatat, sejak akhir tahun 2021, kasus flu burung pada spesies non-unggas mengalami peningkatan. Bahkan virus ini juga menginfeksi hewan liar, mamalia laut, dan terkadang hewan di penangkaran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA