Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Barat Sebarkan Ancaman Nuklir Lewat Pengiriman F-16 ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 15 Juli 2023, 11:23 WIB
Barat Sebarkan Ancaman Nuklir Lewat Pengiriman F-16 ke Ukraina
Menlu Rusia, Sergei Lavrov/Net
rmol news logo Rencana Amerika Serikat untuk mengirim pesawat tempur F-16 ke Ukraina dianggap sebagai ancaman nuklir bagi Rusia.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dalam sebuah wawancara, seperti dikutip dari Mehr News pada Sabtu (15/7).

Menurut Lavrov, pengiriman F-16 berkemampuan nuklir ke Kyiv akan menciptakan risiko bentrokan bersenjata langsung dengan Rusia, Sebab Moskow pasti akan merespon dengan senjata yang sama.

"Pasokan jet tempur F-16 hanya satu contoh perkembangan peristiwa yang sangat berbahaya," tegasnya.

Lavrov menekankan bahwa Rusia tidak bisa mengabaikan kemampuan pesawat canggih tersebut, dan menganggapnya sebagai ancaman nuklir dari Barat.

"Munculnya sistem seperti itu (F-16) di angkatan bersenjata Ukraina akan dianggap oleh kami sebagai ancaman dari Barat di bidang nuklir,” kata Lavrov.

Bulan lalu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyatakan bahwa aliansi akan memulai pelatihan pilot Ukraina dengan jet tempur F-16 musim panas ini.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berharap bisa menerima pasokan pertama jet tempur F-16 dari negara-negara Barat pada akhir 2023. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA