Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Polusi, Paris Naikkan Biaya Parkir untuk Kendaraan Besar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 12 Juli 2023, 13:46 WIB
Cegah Polusi, Paris Naikkan Biaya Parkir untuk Kendaraan Besar
Kendaraan besar di Paris/Net
rmol news logo Paris akan menaikan biaya parkir untuk kendaraan-kendaraan berukuran besar seperti SUV.

Di Paris saat ini, kendaraan berukuran besar menjadi populer. Namun, para pejabat mengatakan semakin besar kendaraan maka semakin padat jalanan dan semakin menciptakan polusi. Ini yang menjadi alasan pejabat menaikkan biaya parkir yang besarannya akan disesuaikan dengan ukuran dan berat kendaraan.

Kenaikan biaya parkir ini juga diharapkan akan mendorong masyarakat menggunakan kendaraan listrik. Mereka yang memiliki keluarga besar yang membutuhkan mobil lebih besar diharapkan terhindar dari kenaikan tarif yang akan mulai berlaku pada 1 Januari 2024.

"Mulai 1 Januari 2024, pemilik SUV dapat mengharapkan untuk membayar biaya parkir yang lebih tinggi di ibu kota Prancis," kata pejabat di parlemen dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (11/7).

Para pejabat mengatakan jumlah SUV di kota itu telah meningkat 60 persen selama empat tahun terakhir dan kini mencapai 15 persen dari 1,15 juta kendaraan pribadi yang diparkir di Paris setiap malam.

Mereka berharap naiknya harga parkir akan mengerem jumlah kendaraan besar semakin banyak dan mendorong orang beralih ke kendaraan yang lebih ringan.

David Belliard, wakil walikota yang bertanggung jawab atas ruang publik dan kebijakan mobilitas, mengatakan bahwa SUV tidak sesuai di lingkungan perkotaan.

“Tidak ada jalan tanah, tidak ada jalan pegunungan, SUV sama sekali tidak berguna di Paris. Lebih buruk lagi, mereka berbahaya, tidak praktis, dan menggunakan terlalu banyak sumber daya untuk diproduksi,” kata Belliard. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA