Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sengketa Laut China Selatan, Vietnam Minta Netflix Hapus Serial Drama China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 10 Juli 2023, 20:31 WIB
Sengketa Laut China Selatan, Vietnam Minta Netflix Hapus Serial Drama China
Netflix/Net
rmol news logo Vietnam mendesak Netflix Inc. dan FPT Telecom untuk tidak menayangkan serial drama Tiongkok berjudul "Flight to You" karena telah menunjukkan peta Laut China Selatan sesuai klaim Beijing.

Departemen Perfilman Kementerian Kebudayaan Vietnam mengatakan bahwa serial drama dengan 39 episode itu telah menampilkan konten tidak pantas yang melanggar UU kedaulatan.

Totalnya terdapat sembilan episode dalam drama tersebut yang menampilkan peta Laut China Selatan dengan klaim sembilan garis putus-putus.

Untuk itu, seperti dimuat Bloomberg, pemerintah memberi waktu 24 jam mulai Senin (10/7) kepada masing-masing perusahaan untuk menghapus serial drama tersebut di Vietnam.

FPT mengonfirmasi mereka akan menghapus serial drama tersebut dan selalu mematuhi peraturan dari pemerintah.

Seorang jurubicara Netflix mengonfirmasi bahwa pihaknya menghapus serial tersebut di Vietnam setelah dihubungi oleh regulator, namun serial drama tersebut tersedia di negara lain.

Pekan lalu, Vietnam juga melarang film Barbie untuk tayang karena memunculkan peta Laut China Selatan dengan sembilan garis putus-putus yang diklaim China.

Di samping itu, penyelenggara konser Blackpink di Hanoi meminta maaf karena menerbitkan peta Laut China Selatan dengan klaim Beijing di salah satu situsnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA