Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Enam Orang Tewas dalam Bentrokan Pengungsi Rohingya di Kamp Bangladesh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 07 Juli 2023, 18:26 WIB
Enam Orang Tewas dalam Bentrokan Pengungsi Rohingya di Kamp Bangladesh
Potret jaksa ICC, Karim A.A. Khan yang berkunjung ke kamp-kamp Rohingya untuk mencatat keterangan para pengungsi pada Kamis, 6 Juli 2023/Net
rmol news logo Bentrokan antar pengungsi Rohingya di kamp Bangladesh kembali pecah, setelah seorang jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mendatangi tempat tersebut untuk penyelidikan.

Aksi saling tembak tersebut terjadi pada Jumat (7/7) antara dua kelompok pemberontak yang bersaing di kamp, yakni Rohingya Salvation Army (ARSA) dan Organisasi Solidaritas Rohingya (RSO).

Juru Bicara Batalyon Polisi Bersenjata Bangladesh, Faruq Ahmed, pada Jumat (7/7) mengatakan bahwa bentrokan pengungsi telah mengakibatkan lima kematian.

"Kelima orang yang tewas dalam tembak-menembak adalah anggota ARSA termasuk seorang komandan," ungkap Ahmed, seperti dimuat Al Arabiya.

Menurut Ahmed, aksi saling tembak terjadi setelah seorang pemimpin komunitas pengungsi bernama Ebadullah dilaporkan terbunuh. Pelaku diduga anggota ARSA.

Media lokal menyebut bahwa Ebadullah sebelumnya sempat bertemu dengan Jaksa ICC, Karim A.A. Khan, yang berkunjung ke kamp-kamp Rohingya untuk mencatat keterangan para saksi atas peristiwa kekejaman militer Myanmar pada 2017.

Sejak awal tahun ini, puluhan pengungsi, termasuk anak-anak dan perempuan, telah tewas dalam bentrokan di kamp Bangladesh.

Pemotongan dana dari Badan Pangan PBB (WFP) untuk pengungsi Rohingya juga memperburuk situasi keamanan yang sudah genting.

Sementara itu, Bangladesh dan Myanmar masing-masing berusaha melakukan upaya pemulangan pengungsi Rohingya ke tanah air mereka.

Kendati demikian, rencana itu masih mendapat penentangan dari komunitas dan aktivis HAM karena dinilai dapat membahayakan keselamatan pengungsi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA