Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Ada Pesaing yang Cocok, Jabatan Sekjen NATO Stoltenberg Diperpanjang Satu Tahun Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Juli 2023, 18:36 WIB
Tidak Ada Pesaing yang Cocok, Jabatan Sekjen NATO Stoltenberg Diperpanjang Satu Tahun Lagi
Jens Stoltenberg/Net
rmol news logo Masa jabatan Jens Stoltenberg belum akan berakhir. NATO telah memutuskan untuk memperpanjang kontrak pria yang saat ini berusia 64 tahun itu sebagai Sekretaris Jenderal.   

Empat diplomat yang mendukung perpanjangan itu menyampaikan informasi tersebut, mengatakan bahwa aliansi militer pimpinan AS memilih untuk tetap bersama Stoltenberg yang telah berpengalaman saat perang berkecamuk di Ukraina daripada mencoba menyetujui penggantinya.

Sebenarnya, keputusan tersebut telah diumumkan secara luas dalam beberapa pekan terakhir. Namun, aliansi membutuhkan kesepakatan secara resmi untuk menyetujui perpanjangan tersebut.

Stoltenberg, yang saat ini berusia 64 tahun, adalah mantan perdana menteri Norwegia. Dia akan menyelesaikan masa jabatannya sebagai warga sipil teratas di aliansi keamanan transatlantik pada akhir September mendatang. Namun, dengan perpanjangan ini, dia akan bertahan selama 12 bulan lagi.

Pada Februari lalu, Stoltenberg mengatakan sebenarnya ia tidak terlalu berharap untuk perpanjangan kontraknya. Pada Senin (3/7) ia mengatakan merasa terhormat dengan keputusan untuk memperpanjang masa jabatannya hingga 1 Oktober 2024.

Di antara mereka yang diisukan menggantikan jabatan  Stoltenberg adalah Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace - yang secara terbuka mengatakan dia akan menyukai pekerjaan itu - dan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen, yang bersikeras secara terbuka bahwa dia bukan kandidat untuk jabatan tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA