Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Iduladha, Perempuan Pakistan Hiasi Tangan dengan Henna dan Gelang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 28 Juni 2023, 11:25 WIB
Sambut Iduladha, Perempuan Pakistan Hiasi Tangan dengan Henna dan Gelang
Perempuan Pakistan hiasi tangan dengan henna/Net
rmol news logo Warga muslim Pakistan bergembira menyambut Hari Raya Iduladha yang jatuh pada Rabu (28/6).

Mereka turut menyembelih kambing, sapi, domba, dan hewan ternak lainnya untuk dibagikan kepada keluarga, sahabat, dan fakir miskin sebagai bagian dari perayaan.

Selain mengikuti tradisi Iduladha umum yang diterapkan seluruh muslim di dunia, Pakistan juga memiliki kebiasaan khas mereka sendiri.

Mengutip Al-Jazeera, perempuan Pakistan memiliki tradisi unik dalam merayakan Iduladha. Mereka biasanya akan menghias tangan dengan henna (pacar) dan gelang.

Malam sebelum perayaan Iduladha para gadis muda hingga wanita lanjut usia melukiskan henna di tangan mereka.

Kios-kios penjual gelang juga penuh dengan perempuan yang berusaha memilih gelang atau disebut "Bangle" sebagai aksesoris penambah untuk mempercantik tangan mereka.

Esok harinya, para gadis saling memamerkan tangan yang sudah diwarnai dengan motif henna tradisional khas Pakistan dan gelang berwarna-warni.

Gelang dan Henna merupakan bagian dari tradisi panjang kecantikan, perhiasan dan penggunaan kosmetik di Anak Benua India dan sekitarnya.

Henna atau Mehndi, berasal dari tanaman Lawsonia Inermis, ditemukan di seluruh Asia Timur dan Timur Tengah, Anak Benua India dan Afrika Utara.

Pacar yang dipasang akan mengikat keratin ke kulit, menciptakan penampilan seperti tato temporer pada rambut, kuku, dan tubuh, seringkali dengan warna merah cerah atau oranye-cokelat.

Konon semakin kering tanah tanaman, semakin kaya warna henna yang dihasilkannya.

Para peneliti percaya bahwa henna ditemukan di gua Ajanta di Deccan, India yang berasal dari abad ke-5 SM.

Di sisi lain, pembuatan dan perhiasan gelang telah dikaitkan dengan budaya Asia Selatan sejak Peradaban Lembah Indus, 5000 tahun yang lalu.

Gelang ini adalah aksesori tertua yang diketahui dalam sejarah. Hal itu diketahui dari artefak Gadis Penari Mohenjo-Daro yang terkenal mengenakan gelang yang menutupi lengannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA