Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bakal Temui Jokowi, Kaisar Jepang Berharap Bisa Perbaiki Hubungan di Masa Lalu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 17 Juni 2023, 22:39 WIB
Bakal Temui Jokowi, Kaisar Jepang Berharap Bisa Perbaiki Hubungan di Masa Lalu
Kaisar Jepang, Naruhito dan Permaisuri Masako/Net
rmol news logo Kedatangan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu sore (17/6) mendapat sambutan hangat dari banyak pejabat negara yang  menantinya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Ini merupakan kunjungan pertama mereka sejak kaisar naik tahta pada 2019 lalu.

Mengutip laporan The Japan Times, pasangan kekaisaran itu akan berada di Indonesia selama satu pekan di Indonesia hingga Jumat mendatang (23/6).

Sejumlah agenda telah dipersiapkan. Keduanya dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin (19/6).

Kemudian keesokan harinya pada Selasa (20/6), mereka akan mempersembahkan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, untuk menghormati para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, Kaisar juga akan mengunjungi sejumlah lokasi seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga Candi Borobudur.

Kaisar Naruhito saat berada di Jepang, sehari sebelum keberangkatannya, mengatakan harapannya bahwa kunjungan ke Indonesia dapat lebih memperdalam hubungan kedua negara yang menurutnya telah melalui "masa sulit", mengacu pada pendudukan Jepang di Indonesia selama Perang Dunia II.

"Penting untuk mengingat mereka yang kehilangan nyawa, memperdalam pemahaman tentang sejarah masa lalu dan memupuk cinta perdamaian,” ujarnya dalam konferensi pers di Tokyo pada Kamis (15/6).

Di samping itu, Kaisar juga berharap pertemuannya dengan Jokowi dapat memperluas kerja sama yang lebih luas terutama yang melibatkan generasi muda di kedua negara.

Kaisar mengaku telah menerima undangan dari Jokowi sejak Agustus 2019 lalu. Perjalanan luar negeri ke Indonesia merupakan yang kedua bagi Naruhito dan istri sejak diangkat sebagai Kaisar ke-129.

Kunjungan luar negeri pertama dilakukan keduanya saat menghadiri pemakaman Ratu Inggris Elizabeth II September tahun lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA