Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ukraina Diguncang Ledakan saat Delegasi Perdamaian Afrika Tiba di Kyiv

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 17 Juni 2023, 06:32 WIB
Ukraina Diguncang Ledakan saat Delegasi Perdamaian Afrika Tiba di Kyiv
Ilustrasi/Net
rmol news logo Ledakan dahsyat mengguncang Kyiv pada Jumat (16/6) pagi waktu setempat ketika delegasi perdamaian dari Afrika tiba di Ukraina.

Menurut keterangan Angkatan Udara Ukraina, rudal Kalibr Rusia itu diluncurkan dari Laut Hitam menuju ke utara Kyiv. Saat serangan terjadi, peringatan serangan udara segera dikeluarkan oleh pemerintah Ukraina.

Seorang saksi mata Reuters di Kyiv mengatakan dia mendengar bunyi dua ledakan di daerahnya. Sementara Walikota Vitali Klitschko juga melaporkan ledakan yang terjadi di distrik Podil tengah, dan memperingatkan bahwa lebih banyak rudal mengarah ke ibu kota.

Namun, delegasi perdamaian Afrika yang baru tiba di negara itu dikabarkan tidak terdampak oleh serangan terbaru tersebut.

Seperti dimuat Arab News, delegasi Afrika, yang terdiri dari para pemimpin dari Afrika Selatan, Senegal, Komoro, Kongo, Zambia, dan Mesir, akan melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Setelah itu, semua delegasi akan melanjutkan kunjungan ke St. Petersburg pada Sabtu untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam misi tersebut, para delegasi akan mempromosikan prakarsa perdamaian Afrika yang dijuluki "Jalan Menuju Perdamaian", untuk mendorong kedua belah pihak menyetujui serangkaian langkah dari proses negosiasi itu.

Langkah-langkah perdamaian yang ditawarkan itu mencakup seruan untuk penarikan pasukan Rusia dari Ukraina, penghapusan senjata nuklir taktis dari Belarusia, penangguhan pelaksanaan surat perintah penangkapan Pengadilan Kriminal Internasional yang menargetkan Vladimir Putin, hingga keringanan sanksi yang akan dilonggarkan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA