Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

NATO Mulai Gelar Latihan Pertahanan Udara Terbesar di Eropa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 12 Juni 2023, 20:56 WIB
NATO Mulai Gelar Latihan Pertahanan Udara Terbesar di Eropa
Ilustrasi/Net
rmol news logo Latihan udara terbesar NATO yang melibatkan 250 pesawat militer dan lebih dari 10.000 personel telah dimulai pada Senin (12/6).

Di bawah komando Angkatan Udara Jerman, latihan "Air Defender 2023" itu akan digelar selama dua minggu, di atas wilayah udara Jerman dan Eropa.

Kepala Angkatan Udara Jerman, Letnan Jenderal Ingo Gerhartz mengatakan bahwa latihan militer ini bertujuan untuk menunjukkan kekuatan NATO dan aliansi Transatlantik.

"Kami adalah aliansi pertahanan, dan jika ada ancaman serangan, kami siap untuk mempertahankan wilayah NATO, dan kami perlu menunjukkan hal ini," katanya kepada stasiun penyiaran publik RBB.

Mengutip Anadolu Agency, Gerhartz juga menekankan bahwa latihan ini bukan merupakan respons terhadap perang Rusia di Ukraina, melainkan rencananya ini telah diajukan oleh Jerman sejak tahun 2018, dengan pelaksanaan rutin di tahun-tahun berikutnya.

Selama latihan ini, angkatan udara dari 25 negara akan berlatih dalam operasi gabungan, merespons simulasi serangan terhadap negara-negara NATO.

Dari total 250 pesawat militer yang berpartisipasi, 100 di antaranya dikabarkan berasal dari Amerika, termasuk jet tempur F-35 dan F-16. Angkatan Udara Jerman akan mengerahkan 90 pesawat, termasuk tanker A400M, Eurofighter, dan pesawat tempur Tornado.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA