Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemlu RI: Afrika Terus Menjadi Bagian Penting dari Kebijakan Luar Negeri Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 30 Mei 2023, 15:33 WIB
Kemlu RI: Afrika Terus Menjadi Bagian Penting dari Kebijakan Luar Negeri Indonesia
Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah selama perayaan Africa Day yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta pada Senin malam, 29 Mei 2023/Net
rmol news logo Sejak awal kemerdekaan RI, Afrika telah menjadi salah satu kawasan penting yang menjadi fokus kebijakan luar negeri Indonesia.

Posisi itu tidak pernah berubah, bahkan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Keterlibatan Indonesia dan negara Afrika terus berkembang dan kesepakatan kerja sama yang semakin terbuka lebar.

Hal itu diungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah kepada Kantor Berita Politik RMOL, dalam perayaan Africa Day yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Senin malam (29/5).

"Di sisi kebijakan luar negeri, tentunya Afrika menjadi bagian penting dari Indonesia. Oleh sebab itu, Indonesia selalu berusaha meningkatkan engagement atau keterhubungan dengan Afrika," jelas Jubir.

Jubir menjelaskan, bahwa Indonesia berusaha berperan aktif dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di Afrika, itu dilakukan guna mendorong stabilitas dan keamanan yang kerap menjadi tantangan utama di kawasan tersebut.

"Kita sangat berharap bisa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi Afrika dan selalu berharap ada perdamaian dan stabilitas di Afrika," ungkapnya.

Dalam upaya memperkuat hubungan Indonesia dan kawasan Afrika, beberapa forum pertemuan penting telah diselenggarakan, seperti Forum Indonesia-Afrika pada 2018 dan Indonesia-Afrika Infrastruktur Forum pada 2019.

Kedua forum tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Afrika pada pelaku bisnis BUMN Indonesia, sehingga hubungan yang dijalin bukan lagi pada aspek kedekatan politik dan sosial budaya tapi juga pada aspek kerja sama ekonomi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA