Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Israel Tuduh Iran Berusaha Ganggu Pawai Bendera Yerusalem

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 19 Mei 2023, 09:41 WIB
Israel Tuduh Iran Berusaha Ganggu Pawai Bendera Yerusalem
Warga Israel mengibarkan bendera nasional selama pawai untuk menandai Hari Yerusalem, pada Kamis, 18 Mei 2023/Net
rmol news logo Pawai bendera Israel di Yerusalem pada Kamis (18/5) berbuntut ricuh. Ada laporan bahwa pawai tersebut sempat mendapat gangguan dari Iran dan sekutunya.

Kepala polisi Israel, Kobi Shabtai, mengungkapkan hal itu dalam sebuah wawancara, seperti dimuat Iran International News pada Jumat (19/5).

Shabtai menuduh Iran mencoba mengganggu jalannya pawai dengan menciptakan hasutan liar tentang jalur yang akan dilalui selama pawai bendera untuk memperingati Hari Yerusalem tersebut.

"Elemen teroris yang dimotivasi oleh Iran, melalui Hizbullah, Hamas, dan Jihad Islam, telah menyebarkan informasi palsu di media sosial tentang rute parade bendera di ibu kota Israel, Yerusalem," ungkapnya.

Menurut Shabtai, propaganda Iran bertujuan untuk menyulut kebencian kelompok teroris terhadap ribuan warga Israel yang mengikuti pawai tersebut.

"Tujuan dari unsur-unsur teroris itu jelas untuk menciptakan hasutan liar terhadap terorisme," tegasnya.

Untuk memastikan keamanan warga Israel, Shabtai mengatakan lebih dari 3.000 petugas polisi telah dikerahkan di seluruh kota untuk Pawai Bendera Hari Yerusalem.

Acara itu dihadiri oleh puluhan ribu nasionalis Yahudi Ortodoks. Mereka menggelar pawai untuk memperingati penyatuan Israel atas Yerusalem Timur dan Barat selama Perang Enam Hari tahun 1967.  

Kendati demikian, pawai yang digelar setiap tahun itu menjadi sangat kontroversial karena selalu berdampak pada peningkatan eskalasi di wilayah konflik Palestina. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA