Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lestarikan Budaya Kashmir, Penyanyi Cilik Cari Kesempatan untuk Bisa Tampil di Bollywood

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 13 Mei 2023, 08:58 WIB
Lestarikan Budaya Kashmir, Penyanyi Cilik Cari Kesempatan untuk Bisa Tampil di Bollywood
Shahid Zahoor saat memainkan alat musiknya/Daily Good Morning Kashmir/Net
rmol news logo Penyanyi cilik berusia 10 tahun yang berasal dari distrik Budgam, di Jammu dan Kashmir (J&K), tengah mencari kesempatan untuk dapat membawa musik khas daerahnya ke Bollywood.

Bocah laki-laki bernama Shahid Zahoor itu piawai memainkan alat musik seperti Tabla dan Tumbaknaer tradisional di Kashmir. Biasanya, ia memainkan alat itu sembari menyanyikan lagu-lagu rakyat. Penampilannya telah membuat kagum masyarakat.

Shahid menuturkan dia tertarik pada musik sejak berusia lima tahun karena melihat dan menemani ayahnya yang juga merupakan seorang seniman.

“Ketika saya menghadiri acara bersama ayah saya dan kelompoknya, saya mulai mendapatkan tips darinya. Orang-orang memuji saya atas penampilan saya yang baik, dan ini menyemangati saya,” kata Shahid, seperti dikutip dari  Daily Good Morning Kashmir, Sabtu (13/5).

Suaranya yang indah dan kepiawaiannya dalam bermain musik membuat penyanyi cilik itu cepat dikenal. Ia juga telah melakukan banyak perjalanan ke Mumbai, Kerala, dan tempat-tempat lain untuk menunjukkan penampilannya.

Menurut ayah Shahid, Zahoor, putranya sejauh ini telah memiliki banyak penggemar yang mengagumi dan mendukungnya untuk terus lebih maju dan dikenal dunia di masa mendatang.

Untuk itu, agar budaya dapat terus dilestarikan dan dikenal seluruh kalangan di masa mendatang, Zahoor mendorong partisipasi dari pemerintah agar turut membantu membawa seni itu untuk dipromosikan secara luas.

“Saat ini, kami melihat pemerintah yang sedang mengambil langkah-langkah untuk menghidupkan kembali bioskop di Kashmir dan banyak film Bollywood dibuat di sini. Sudah saatnya pemerintah juga mendukung dan membantunya membawa seni ini ke industri film,” pungkas Zahoor. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA