Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bosnia Kembali Kuburkan Enam Mayat Korban Perang dengan Layak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 12 Mei 2023, 15:16 WIB
Bosnia Kembali Kuburkan Enam Mayat Korban Perang dengan Layak
Representative Images/Net
rmol news logo Enam mayat korban Perang Bosnia 1992 yang baru diidentifikasi di kuburan massal kembali dikuburkan dengan layak dalam upacara peringatan Jumat (12/5).

Berdasarkan laporan yang dimuat Anadolu Agency, enam mayat itu bertahun-tahun berada di kuburan massal, yang kemudian diidentifikasi dan diproses oleh pihak berwenang Bosnia.

"Jenazah mereka akan dimakamkan di kota Bratunac dekat Srebrenica, di mana lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim tewas dalam genosida," tulis Anadolu Agency dalam laporannya.

Perang Bosnia yang terjadi pada 1992-1995 itu dipicu oleh pecahnya Yugoslavia, yang membuat Bosnia mendeklarasikan kemerdekaannya sendiri pada 1992 lalu.

Namun, ibukotanya, Sarajevo sempat diserang oleh milisi Serbia Bosnia yang mengepung ibu kota itu selama hampir empat tahun, dan menyebabkan sejarah berdarah.

Menurut catatan Pengadilan Kriminal Internasional untuk Bekas Yugoslavia dan PBB, akibat perang Bosnia, lebih dari 100.000 orang tewas, 50.000 wanita diperkosa, dan 2,2 juta orang mengungsi di Bosnia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA