Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ethiopia Tangkap 47 Teroris yang Diduga Bertanggung Jawab Atas Kematian Pemimpin Partai Berkuasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 02 Mei 2023, 06:37 WIB
Ethiopia Tangkap 47 Teroris yang Diduga Bertanggung Jawab Atas Kematian Pemimpin Partai Berkuasa
Pemimpin Partai Kesejahteraan Ethiopia, Girma Yeshitila/Net
rmol news logo Puluhan orang ditangkap oleh pasukan keamanan Ethiopia karena diduga bertanggung jawab atas kematian seorang pemimpin partai berkuasa yang dekat dengan Perdana Menteri Abiy Ahmed.

Mengutip African News pada Senin (1/5), telah ada 47 tersangka yang ditangkap menyusul tewasnya pemimpin Partai Kesejahteraan, Girma Yeshitila di wilayah utara Amhara pada Kamis (25/4).

Mereka diduga teroris karena saat penangkapan ditemukan barang bukti berupa senjata, bom, dan peralatan komunikasi satelit.

Menurut Pasukan Keamanan Ethiopia, puluhan orang itu diduga bekerjasama dengan jaringan teroris lokal maupun luar negeri untuk menggulingkan kekuasaan pemerintah.

"Para tersangka bekerja sama secara lokal dan di luar negeri dengan tujuan mengambil kendali pemerintah daerah dengan membunuh pejabat senior Amhara," bunyi pernyataan tersebut.

Seorang anggota komite eksekutif Partai Kesejahteraan yang beranggotakan 45 orang, Girma sering dikritik oleh kaum nasionalis Amhara, yang menyebutnya "pengkhianat" karena terlalu dekat dengan PM Abiy.

Girma bersama empat pengawal dan anggota keluarganya diserang oleh gerombolan ekstremis pekan lalu saat kendaraannya menuju ke Debre Birhan, sekitar 100 km timur laut Addis Ababa.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA