Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diundang India, Menlu Pakistan akan Hadiri Pertemuan SCO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 20 April 2023, 21:10 WIB
Diundang India, Menlu Pakistan akan Hadiri Pertemuan SCO
Menteri Luar Negeri Pakistan, Bilawal Bhutto Zardari/Net
rmol news logo Untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade, Menteri Luar Negeri Pakistan Bilawal Bhutto Zardari akan berkunjung ke India untuk menghadiri pembicaraan regional di negara itu.

Hal itu diumumkan oleh pihak Pakistan pada Kamis (20/4). Zardari akan menghadiri pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri (CFM) Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) pada 4-5 Mei 2023 mendatang di negara bagian Goa, India barat daya.

Menurut jurubicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, Mumtaz Zahra Baloch, Zardari menghadiri pertemuan CFM SCO atas undangan langsung dari Menteri Luar Negeri India, S. Jaishankar.

"Partisipasi kami dalam pertemuan tersebut mencerminkan komitmen Pakistan terhadap Piagam SCO dan proses serta pentingnya Pakistan menyetujui wilayah tersebut dalam prioritas kebijakan luar negerinya," katanya, seperti dimuat Anadolu Agency.

Pejabat dari departemen luar negeri terakhir berkunjung ke negara tetangganya itu pada 2011 lalu. Sementara sejak 2019 kemarin, hubungan mereka kembali berada di titik terendahnya setelah pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi membatalkan Pasal 370 dan Pasal 35A Konstitusi India terkait Jammu dan Kashmir (J&K).

Sengketa wilayah J&K yang diperebutkan kedua negara ini terus menjadi masalah yang berlarut-larut antara India dan Pakistan, yang menyebabkan Islamabad menangguhkan semua ekspor dan hubungan perdagangannya, serta mengurangi hubungan diplomatik dengan New Delhi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA