Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Resmi Umumkan Jakov Milatovic sebagai Pemenang Pilpres Montenegro

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 07 April 2023, 06:32 WIB
KPU Resmi Umumkan Jakov Milatovic sebagai Pemenang Pilpres Montenegro
Jakov Milatovic/Net
rmol news logo Kemenangan Jakov Milatovic dalam pemilihan presiden Montenegro diperkuat dengan pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum.

Komisi pada Kamis (6/4) menerbitkan hasil akhir pemilihan presiden putaran kedua yang telah berlangsung pada Minggu (2/4) dengan jumlah pemilih sebanyak 70 persen dari  542.000 orang yang memiliki hak suara.

"Komisi Pemilihan Negara mendukung hasil pemilihan presiden Montenegro. Kandidat Jakov Milatovic telah terpilih sebagai presiden Montenegro dengan 222.592 suara, yaitu 58,88 persen dari total jumlah suara," kata pernyataan komisi itu pada Kamis, seperti dikutip dari TASS.

Presiden Montenegro dipilih melalui pemilihan umum selama lima tahun dan tidak dapat menjabat lebih dari dua periode berturut-turut.

Menurut konstitusi, Montenegro adalah republik parlementer, sementara kepala negara menjalankan sebagian besar fungsi perwakilan. Namun demikian, presiden memiliki hak suara dalam pembentukan kabinet dan pencalonan perdana menteri.

Jakov Milatovic, Mantan Menteri Pembangunan Ekonomi dan Pariwisata yang juga mantan bankir berusia 36 tahun, memperoleh 58,9 persen suara, dibandingkan dengan 41,1 untuk petahana Milo Djukanovic.

Dalam pidato kemenangannya, Milatovic mengatakan bahwa kemenangannya adalah hal paling bersejarah.

"Ini adalah malam yang kami nantikan selama 30 tahun terakhir," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA