Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Senegal Gelar Parade Militer Pertama di Tengah Ketegangan Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 05 April 2023, 11:26 WIB
Senegal Gelar Parade Militer Pertama di Tengah Ketegangan Politik
Parade militer Senegal di ibu kota Dakar pada Selasa, 4 April 2023/Net
rmol news logo Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Nasional, Senegal menggelar parade militer di ibu kota Dakar pada Selasa (4/4), setelah empat tahun tidak diadakan karena pandemi Covid-19.

Parade militer Senegal dilakukan hanya sepekan setelah unjuk rasa berujung pada bentrok antara pendukung oposisi dan aparat pemerintah.

Postingan di media sosial menunjukkan orang-orang berbaris di jalan-jalan Dakar untuk menyaksikan parade militer yang menghadirkan berbagai alat pertahanan negara.

Seorang mahasiswa dari Universitas Dakar mengaku baru pertama kali melihat pertunjukkan militer Senegal dan ia sangat antusias saat tank-tank melaju di jalan-jalan utama.

Parade militer membuat dirinya dan masyarakat bangga dan percaya bahwa negara benar-benar aman dengan pasokan pertahanan yang dimiliki.

"Benar-benar mengharukan. Ketika Anda melihat ini, Anda bangga menjadi orang Senegal. Kami menjadi lebih tenang, kami tahu kami aman," ujarnya, seperti dimuat Market Screener.

Senegal merdeka dari Prancis pada 1960, dan menjadi negara demokrasi paling stabil di Afrika Barat.

Tetapi ketegangan politik di negara itu muncul setelah Presiden Macky Sall dilaporkan mencoba mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga.

Masyarakat merespon potensi itu dengan penolakan, dan aksi protes akhirnya meletus dipimpin oleh pendukung pemimpin oposisi Ousmane Sonko, yang pernah dijatuhi hukuman dalam kasus pencemaran nama baik di pengadilan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA